MoU Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan SMK Cyber Media dan SMK Bina Putra Jakarta

6 September 2023 | Berita Utama

Universitas AMIKOM Yogyakarta melakukan perpanjangan MoU dengan SMK Cybermedia Jakarta dan SMK Bina Putra Jakarta (5 September 2023) di Ruang Cinema Amikom, Selain dengan Universitas Amikom Yogyakarta, ke 2 sekolah unggulan dari Jakarta tersebut juga melakukan penandatanganan MoU dengan PT Time Excelindo, PT MSV Studio, GIT Solution, dan Amikom Business Park.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng (Direktur Kehumasan dan Urusan Internasional), Joko Suranto, SE, MM (Kepala Sekolah SMK Cyber Media Jakarta), H.Muhammad S.Pd. (Kepala Sekolah SMK Binaputra Jakarta), dan Para Pimpinan dari 4 Unit Bisnis, yaitu: PT Time Excelindo, PT MSV Studio, GIT Solution, dan Amikom Business Park.

Agenda tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari pihak terkait, Yaitu, dari Pihak SMK Cyber Media Jakarta, Kepala Sekolah didampingi oleh Endro Pratiolo (Waka. Humas), Afifa Iftamala, S.Pd. (Staf BKK), Januar Fahmi, MM (Kajur DKV), Rizky Mulya (Kajur TKJ), dan Ahmad Lailatul Hadi, S.Pd. M.Pdi. Sedangkan dari Pihak SMK Bina Putra Jakarta, Kepal Sekolah didampingi oleh Suryo adji Priyo Raharjo S.Kom ( waka SPM ), Wahyudi Wibisono S.Pd. ( Wakasis ), Zulfiyanti Maulia susanto S.Sn. ( Kaprok DKV ), dan Muhammad Adhnan S.Kom. ( Staf Publikasi ). Selain itu agenda tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari 4 BUMA yang terlibat dalam kerjasama tersebut.

Kerjasama antara Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan dua SMK dari Jakarta ini sendiri sudah berlangsung lama. Dengan SMK Cybermedia Yogyakarta, ini adalah perpanjangan MoU yang ke-4, sedangkan dengan SMK Binaputra Jakarta kerjasama ini merupakan perpanjangan MoU yang ke-3. Kerjasama ini meliputi Kunjungan Industri, Praktek Kerja Industri (Magang), Penelitian, Penerimaan Mahasiswa baru, pengelolaan Alumni, dan saling support terhadap berbagai Produk ataupun kolaborasi lain, sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

SMK Cybermedia Jakarta dan SMK Bina Putra Jakarta sendiri merupakan Sekolah yang Tergabung dalam Forum komunikasi Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia (F-SMK-INA). Forum ini dibentuk pada tanggal 8 Mei 2013, atas Prakarsa beberapa Kepala Sekolah SMK di Indonesia dan Saran-saran dari pimpinan Amikom Yogyakarta. Forum ini bergerak atas Prinsip Kepedulian Pendidikan, Bertekad untuk Berkolaborasi dan Berbudaya Partisipatif untuk Mewujudkan Sekolah yang Mandiri. Untuk saat ini Peserta F-SMK-INA terdiri dari beragam SMK dari semua provinsi Pulau Jawa dan dari Papua.

Sekjen Forum SMK Indonesia, Suryo Adji Priyo Raharjo S.Kom juga menyampaikan bahwa Forum SMK Indonesia ini terbentuk dari kesamaan visi smk-smk swasta, yang didukung langsung oleh Universitas AMIKOM Yogyakarta yang siap mengayomi dan memberikan support kepada anggota Forum SMK Indonesia, melalui kolaborasi bersama dalam menjawab tantangan-tantangan yang ada

Selain, melakukan perpanjangan MoU, mereka juga hadir sebagai narasumber Podcast Amikomjogja bertajuk “Podcast spesial bersama Kepala Sekolah Hebat”, yang menghadirkan Joko Suranto, SE, MM (Kepala Sekolah SMK Cyber Media Jakarta), H.Muhammad S.Pd. (Kepala Sekolah SMK Binaputra Jakarta), dan Suryo adji Priyo Raharjo S.Kom (Sekjen Forum SMK Indonesia). 

Kepala Sekolah SMK Cyber Media Jakarta, Joko Suranto menyampaikan bahwa, sejak berkunjung di tahun 2010, SMK Cybermedia Jakarta rutin berkunjung ke Amikom, Kecuali di masa pandemi, dan menjadi saksi dari berbagai perubahan yang terjadi di Amikom dari tahun ke tahun. Seakan-akan Amikom sudah menjadi rumah kedua mereka.

“Spirit yang ada di Amikom selalu membawa energi untuk berkembang dan menjadi lebih besar”, Ujarnya.

Hal ini diamini oleh Kepala Sekolah SMK Binaputra Jakarta, H.Muhammad S.Pd., atau lebih akrab dipanggil pak Agiel. Menurut beliau banyak hal yang menginspirasi, memberikan gambaran yang lebih luas bagi para peserta didik. wawasan baru yang mereka dapat ini bisa dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi lebih baik.

Direktur Kehumasan dan Urusan Internasional, Erik Hadi Saputra, S.Kom, M.Eng sangat berterima kasih atas kerjasama dan dukungan berarti yang selama ini sudah terjalin antara Universitas Amikom Yogyakarta dengan SMK Cybermedia Jakarta dan SMK Bina Putra Jakarta.

“Kami berharap Universitas Amikom Yogyakarta dengan SMK Cybermedia Jakarta dan SMK Bina Putra Jakarta bisa melanjutkan konsistensi kerjasama yang semakin erat, dan semakin memperkaya knowledge dan kolaborasi antara sekolah, Kampus, serta dunia usaha dan industri.” Tambah Erik.

Source Foto: https://drive.google.com/drive/folders/10DZ90UAedmyy3ttauhHO2FqXRMtZM4_Y