AMIKOM Creative Economy Park

  

 

AMIKOM CREATIVE ECONOMY PARK (ACEP) adalah area yang dikelola untuk mempromosikan basis inovasi pada penggunaan imajinasi kreatif untuk meningkatkan nilai nilai di Universitas AMIKOM Yogyakarta. ACEP merupakan ekosistem ekonomi kreatif yang telah bekerjasama dengan perusahaan di Silicon Valley dan Hollywood. Taman ini terdiri dari perusahaan film, animasi, musium animasi, radio, TV,  game, desain iklan, pengembangan perangkat lunak, konsultasi investasi, dan desain proyek menjadi satu kesatuan.

Presiden Silicon Valley Innovation Center, Andrey Kunov PhD, sedang memberikan ceramah tentang Entrepreneur Technology di Ruang Cinema, Universitas Amikom Yogyakarta.

Untuk membekali alumni unggul dalam kompetisi di dunia kerja, Universitas AMIKOM Yogyakarta melengkapi lulusan dengan pengalaman nyata di AMIKOM CREATIVE ECONOMY PARK sebagai pusat penelitian dan laboratorium nyata di dunia kerja atau biasa disebut sebagai Teaching Industry.. 

 

MSV STUDIO LEVEL 2 & 3 GEDUNG UNIT 2

Executive Producer dari Hollywood Manu Gargi telah menandatangi dengan Prof. Dr. M Suyanto, untuk membuat 5 film bersama dalam 5 tahun.Manu Gargi adalah seorang produser dan sutradara, yang dikenal dengan The Peanut Butter Falcon (2019), Silence (2016) dan 99 Homes (2014). Film yang diproduksi adalah Akira, Amir Hamza dan J.J. Sineas Hollywood yang terlibat, antara lain Gill Adler, David Reynolds, Nick Camecho, Marco Balsamo, Alexander Writh dan sebagainya.

Gilbert Adler (New York City, 14 Februari 1946) adalah seorang produser film Amerika yang telah berkolaborasi dengan banyak pembuat film terkenal, termasuk Richard Donner, Brian De Palma, Walter Hill, Todd Phillips, dan Bryan Singer. Pada tahun 1999, dia, Robert Zemeckis dan Joel Silver membentuk Dark Castle Entertainment, sebuah label produksi film yang sebelumnya berafiliasi dengan Warner Bros. Bekerja sering, dia menerima kredit produser untuk serangkaian fitur, termasuk reboot pahlawan super ’06 “Superman Returns” dan ” Valkyrie, “sebuah film biografi tentang calon pembunuh Hitler Kolonel Claus von Stauffenberg, dibintangi oleh Tom Cruise.

David Reynolds adalah seorang penulis skenario Amerika untuk televisi dan film. Penghargaannya termasuk film animasi Disney The Emperor’s New Groove dan Finding Nemo. Nic Camecho merupakan visual effect dari film Beauty and the Beast.

Marco Balsamo adalah seorang produser dan aktor, yang terkenal dengan Kursi Roda Terbang Akira, The Brave (2019) dan MBA Partners (2016). Singkat cerita, pada hari terakhir festival Cannes kami bertemu dengan Profesor M. Suyanto dan Noel Srigear dari MSV Pictures dan setelah dua jam percakapan, kami mencapai kesepakatan untuk memproduksi bersama apa yang dimulai sebagai tugas pekerjaan rumah sederhana menjadi pekerjaan rumah pertama kami. film animasi. Saya benar-benar tidak bisa lebih beruntung karena semuanya terjadi begitu lancar. Cukup lucu, alasan lahirnya MSV Pictures karena Profesor Suyanto juga terinspirasi dari Hayao Miyazaki. Sampai hari ini saya masih terkejut dan kehilangan kata-kata bagaimana hidup saya berubah begitu cepat selama beberapa bulan. Kami mulai mengerjakan seni konsep film dan memetakan berbagai tahapan praproduksi. Saat tulisan ini dibuat, sebuah teaser telah selesai dan kami akan mulai memproduksi film berdurasi penuh. Saya merasa tersanjung dan terhormat memiliki hak istimewa untuk mengenal dan bekerja dengan sekelompok seniman muda berbakat yang saya banggakan tidak hanya memanggil rekan-rekan saya tetapi juga teman-teman saya. Mereka benar-benar manusia yang luar biasa dan ini merupakan perjalanan yang mengasyikkan bagi saya di setiap langkah. Saya harap cerita saya membuktikan kepada semua orang di luar sana jika Anda memiliki mimpi, kerjakanlah dan biarkan alam semesta mengambil jalannya. Bercita-cita untuk menginspirasi.

Pada tahun 2012, proyek animasi 3D internasional masih dalam proses pembuatan, Ajisaka, The King and the Flower of Life.Dua orang sedang menunggang kuda yang berlari di sepanjang tepi Sebuah jurang. Tiba-tiba, seekor naga muncul bersamaan dengan gemuruh dari di belakang tebing dan mengejar kuda dan penunggangnya. Di kali, naga itu menghembuskan api. Kuda itu berlari ke jembatan gantung yang terbuat dari kayu yang menghubungkan dua tebing.Naga itu menyusul kudanya, lalu berhenti di atasnya tebing di sisi lain jembatan. Itu menghembuskan api yang membakar jembatan gantung. Kuda itu meringkik, melompat dan kemudian berhenti. SAKA (Manusia, 36 tahun) dan istrinya SUNDARI, (seorang Vidya, yang terlihat seperti manusia berusia 30 tahun) yang menggendong bayinya (bayi AJI, 6 bulan) lompat dari kudanya. Tentara Raksha bergerak mendekat. Itu berhenti di dekat Saka dan Sundari. Pemimpin tentara Raksha, RAJA CHENGKAR (hanya kakinya terlihat) turun dari binatangnya, a TRIKERATOP. Dia berjalan ke Saka.Perkelahian antara Saka dan Raja Chengkar samar-samar terlihat dari kejauhan, itulah sepotong cerita dari Ajisaka.

MSV Pictures mulai mengerjakan proyek film animasi 2D “Battle of Surabaya”. Nama Mataram Surya Visi Ltd. berubah menjadi Mataram Surya Visi Sinema Ltd. dan secara total menjadi studio film animasi. Pada tahun 2015, MSV Pictures meluncurkan film animasi layar lebar 2D berjudul “Battle of Surabaya (10 November).” Film ini telah menjadi tonggak penting dalam sejarah MSV Pictures dan sejarah film animasi di Indonesia, nama perusahaan berubah dari MSV Pictures menjadi MSV Studio pada tahun 2017.”

 

November 10th”menceritakan kepada Anda petualangan Musa, seorang penyemir sepatu berusia tiga belas tahun yang spontan, pemberani, yang hidup di bawah tekanan kebutuhan atau kemiskinan di era Perang Dunia II. Bertemu dengan Musa, Yumna telah mengubah hidupnya ke perjalanan yang lebih berwarna. Kapten Yoshimura ingin perang segera diakhiri dengan membantu Indonesia mencapai kemerdekaannya, kemudian dia bisa kembali ke negaranya untuk bertemu istri dan putrinya. Kioko, di Tokyo. Seperti ayah Musa, dia punya mengenal Musa sejak dia masih kecil. Menjadi penyemir sepatu, Musa menjalani hidup dengan sabar. Pekerjaan seperti itu kurang mengarah pada apa yang dia perjuangkan, yaitu: semangat patriotik dan perdamaian, keduanya berdasarkan nilai-nilai ketuhanan. Secara fisik dia masih remaja: namun secara mental dia adalah seorang pahlawan. Dia memutuskan untuk memilih pekerjaan sebagai kurir. Di sini, dia bukanlah seorang kurir yang hanya sekedar menyampaikan surat-surat biasa, melainkan surat-surat rahasia tentang strategi perang yang diadopsi dari perang yang benar-benar meletus di Indonesia tepatnya di Surabaya pada November 101945. 

 

 

In 2020, MSV Studio has completed a short animated film entitled Hikayat Ajisaka which is a finalist in FLICKFAIR, Los Angeles, California, United State.Hikayat Ajisaka merupakan film pendek terbaru dari MSV Studio dan diikutkan dalam festival film Flickfair Film Festival 2020.  Festival yang diadakan di Los Angeles, California, USA tersebut memperebutkan 8 kategori, yaitu Best Picture, Best Live-Action, Best Animation, Best Documentary, Best Series, Best Comedy, Best Drama, dan Best Horror.  Dalam adu laga pertama ini, Hikayat Ajisaka baru bisa menjadi finalis, belum menjadi pemenang.  Meski demikian, Hikayat Ajisaka telah menggeser film – film produksi negara lain dan berhak mendapatkan laurel

 

 

 

 

In 2021, MSV Studio is trying to finish Ajisaka’s film, and preproduction of Golden Snail dan Timun Mas dan Sang Pangeran. Tiba-tiba sebuah kepala tongkat mucul dari celah-celah jeruji. kepala togkat itu mengeluarkan cahaya dan akhirnya tertembak ke tubuh Lina. Tubuh Lina bergetar hebat. Ia seperti tersengat listrik. Tubuhnya mengecil dan tumbuh cangkang berwarna keemasan di punggungnya. Lina berteriak. Namun suaranya semakin habis. Sel penjara hening kembali. Terdengar langkah seseorang menjauh. Lina panik bukan main. Ia bingung dan takut. Dinding dan langit-langit menjadi sangat luas. Semuanya menjadi serba raksasa. Lina kemudian memandangi tubuhnya yang telah menjadi keong. Lina tertatih-tatih, ia menggelinding menabrak piring makanannya. Wajahnya mengarah langsung ke sendok, ia melihat bayangan siput yang besar. Lina sangat kaget, bingung dan ketakutan. Setelah sadar, bahwa bayangan itu adalah dirinya, Ia tidak punya pilihan lain selain berusaha beradaptasi. Suara terompet berbunyi. Seorang panglima prajurit Janaloka berdiri di atas podium didampingi dua orang prajurit lainnya. Satu persatu warga berdatangan merubunginya. Pamglima prajurit itu membaca selebaran daun lontar, mengumumkan suatu berita kehilangan. Itulah sepotong cerita dari The Gokden Snail, yang ditulis oleh M. Suyanto

 

Bersama Marco Basalmo akan membuat film live-action berjudul Forza yang bekerjasama dengan kesebelasan AC Milan.Forza menceritakan kisah inspiratif Hilma, seorang penyendiri berusia 14 tahun yang tinggal di Madura dalam kemiskinan yang parah. Tanpa keluarga, Hilma harus menjaga dirinya sendiri dan bertahan dalam kondisi yang keras.Satu-satunya hal yang membawa kegembiraan bagi Hilma adalah sepak bola dan dia tahu bahwa itu adalah satu-satunya hal yang dapat membantu hidupnya lebih baik adalah menjadi pesepakbola profesional. Namun, dengan tidak adanya peluang nyata yang diberikan oleh sistem sepak bola yang retak di negara ini, Hilma tahu bahwa dia perlu mengambil tindakan sendiri.

 

Gambar MSV (Studio Animasi): Level 2 Unit II dan Level 3 Unit VI

Di sini mahasiswa dapat belajar mengelola bisnis multimedia seperti produksi kartun, profil perusahaan, media planner, TV Komersial, dan Program TV, dll. Beberapa karya profesional yang pernah dihasilkan MSV adalah Profil Perusahaan BAP-PENAS , Profil Video FH UGM, Profil Video Ever Oxi (Konimex), dan Film Kartun yang berjudul: Jatayu, ABDAN, Lembah Petir, ACIL (Anak Cinta Lingkungan), kartun lm Pendidikan BTKP dari DIY, Musa & Khidr, Selamat Tinggal Dunia. MSV Studio merupakan salah satu studio film animasi terbesar di indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MUSEUM ANIMASI

 

 

 

 

 

 

STUDIO RBTV : Level 3 Unit I

Di sini mahasiswa dapat belajar broadcasting seperti menjadi presenter, menjadi kameramen, menjadi reporter, menjadi scriptwriter, menjadi journalis televisi, dan sebagainya. RBTV merupakan televisi asli jogja dan juga merupakan televisi daerah di indonesia. Seiring dengan otonomi daerah dan semangat menciptakan TV yang sesuai dengan masyarakat Jogjakarta sebagai kota pelajar, budaya dan tujuan wisata, maka kehadiran RBTV sangat bermanfaat bagi masyarakat pemirsa maupun industri pendukung pertelevisian (Rumah Produksi, Penyelenggara Acara, Periklanan, dan lain sebagainya

“Asli Jogja” berarti RBTV selalu menyajikan program-program TV yang mengedepankan nilai-nilai asli masyarakat Jogja (The Original Value) seperti ramah, sopan, humoris, sekaligus cerdas. “Asli Jogja” Juga berarti RBTV benar-benar berciri khas Jogja (The Real Jogja).

VISI RBTV
Menjadikan RBTV sebagai TV terdepan di Jogjakarta dengan mengedepankan profesionalisme, kreativitas, martabat dan nilai-nilai budaya Jogjakarta.

MISI RBTV
Memberikan siaran TV yang selain bersifat menghibur tetapi sekaligus mencerdaskan masyarakat.

RBTB memiliki nama asli Reksa Birama Televisi karena berada di bawah naungan PT Reksa Birama Media. Stasiun televisi ini didirikan atas kerjasama Universitas “AMIKOM” Yogyakarta dengan, KOMPAS TV dan Radio RB Group Jogja.

 

 

 

RBTV yang terletak di channel 40 UHF ini merupakan iklan TV komersial pertama di Jogja yang berkantor di Graha Universitas Amikom Yogyakarta, Gedung Unit I Lantai 3, Jl. Ringroad Utara Condongcatur, Sleman Yogyakarta

 

 

 

Liputan siaran dari RBTV sendiri meliputi beberapa wilayah yaitu Yogyakarta, Sleman, Bantul, Muntilan, Kulon Progo, Muntilan, Klaten, Magelang, Purworejo dan Boyolali. 

 

 

 

 

BIOSKOP: Level 4 Unit VI

AMIKOM Cinema terdiri dari 250 kursi, kecerahan tinggi, kualitas gambar, dan keandalan – dalam bodi yang ringkas, sistem lampu ganda yang inovatif, dengan lampu barunya, membantu membuat bodi ini ringkas sekaligus memberikan kecerahan penuh 12.000 lm, dengan 220-240V Pengoperasian AC dan keajaiban dalam suara bioskop dengan reputasi untuk kualitas, kinerja, dan keandalan yang tak tertandingi sebagai satu-satunya produsen utama solusi bioskop lengkap dengan pemrosesan, amplifikasi, dan pengeras suara yang terintegrasi ke dalam keseluruhan yang mulus, QSC adalah solusi lengkap untuk semua suara bioskop Anda kebutuhan .. Fitur Iris Dinamis proyektor menggunakan mekanisme bukaan penghubung pemandangan untuk mencapai kontras 10.000: 1 yang luar biasa tanpa menurunkan kecerahan tingginya. Ini membantu mereproduksi warna hitam yang lebih dalam, lebih kaya, dan memberikan gambar dengan tekstur yang lebih detail.

 


Radio MQFM Studio: Level 2 Unit I

Universitas AMIKOM Yogyakarta memiliki peran perguruan tinggi yang sangat dihormati dalam pengembangan konsep TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) di Yogyakarta. Untuk menunjang hal tersebut, Universitas AMIKOM Yogyakarta memiliki beberapa unit bisnis yang terkait dengan multimedia yaitu Production House, Advertising, Portal, Televisi, dan Radio.

 

Pada tahun 2001 Universitas AMIKOM Yogyakarta membeli kepemilikan dan ijin penyiaran, PT. RADIO SWARA SEMBADA. Badan Usaha AMIKOM (BUMA) terbaru saat itu, bergerak di bidang siaran radio swasta dengan Izin Uji Coba No Evaluation no. 436 / TU / PT.208 / DITBINFREK 30 Januari 2001 pada frekuensi 87,6 MHz, dan diundangkan dengan diterbitkannya Izin Stasiun Radio (ISR) pada tanggal 19 November 2001 dari Direktorat Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit – Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi – Kementerian Komunikasi dan Informatika. Awalnya, menggelar siaran radio dengan nama Radio SWA di udara – Radio MQ FM.

 

 Time Exellindo : Level 3 Unit I & Level 1,3,4 Unit 3

 

 Saat bisnis anda berkembang, tantangan yang ditemui semakin banyak. Begitu pula tantangan dalam komunikasi internal dan eksternal serta tantangan dalam memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang paling efisien, efektif dan terpercaya.

Apa pun bisnis anda, tantangan-tantangan inilah yang anda hadapi dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi perusahaan anda. PT. TIME EXCELINDO (TE) memahami bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang unik, namun memiliki keinginan yang sama untuk memenuhi kebutuhan ini.

Itulah sebabnya kami menggunakan pendekatan konsultatif untuk lebih mengerti secara tepat kebutuhan bisnis anda, dan bagaimana menciptakan solusi untuk anda. Sejalan dengan pertumbuhan bisnis anda maka solusi kami juga tumbuh seiring dengan timbulnya kebutuhan-kebutuhan baru anda. Saat kebutuhan anda telah terpenuhi semua, kami bahkan akan memulai lagi mencoba memenuhi keinginan bisnis anda selanjutnya.

PT. Time Excelindo (TE) berdiri sejak tahun 2003 dan bertempat di Yogyakarta. Time Excelindo merupakan perusahaan swasta nasional yang merupakan embrio bisnis profesional badan usaha dari perguruan tinggi Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Time Excelindo merupakan perusahaan di bidang Teknologi Informasi yang menyediakan total solusi dengan fokus utama adalah Internet Service Provider (ISP) , Software Development, Consulting and Audit, Training, Infrastructure Solution dan Network Services. Seiring berjalan nya waktu Time Excelindo memahami pentingnya kepuasan pelanggan yang sesuai dengan penjaminan mutu, sehingga pada tahun 2011 Time Excelindo mendapatkan ISO 9001:2015 Cert No FS569888 dari The British Standards Institution.

Saat ini Time Excelindo di dukung oleh tenaga ahli profesional dan tersertifikasi di bidangnya yang terbagi di beberapa departemen sehingga untuk memenuhi kebutuhan klien, Time Excelindo mendirikan kantor cabang yang berada di Tangerang Selatan (BSD).

Pelanggan Time Excelindo telah mencapai di seluruh Indonesia dengan berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, UMKM, pertambangan, perbankan serta instansi pemerintah dan swasta lainnya.

 

GITS SOLUTION 

PT.GIT Solution adalah salah satu Badan usaha milik Yayasan UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta yang bergerak pada jasa perencanaan pembangunan dan pengembangan sistem informasi yang berskala nasional dan siap bersaing di kancah internasional, di dukung sumber daya manusia yang unggul dan berpengalaman di bidang serta mengedepankan teknologi kreatif, inovarif pada setiap jasa dan produk yang berkualitas untuk kepuasan customer.

 

Visi PT. GIT Solution yaitu “Menjadi Perusahaan kelas DUNIA di bidang Industri Kreatif berbasis teknologi”

  1. Menciptakan Produk dan Jasa Teknologi Informasi yang berkualitas dunia memiliki peluang pasar di dalam negeri dan luar negeri.
  2. Bekerjasama dengan Entrepreneur muda UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta dalam rangka implementasi karya di dunia bisnis.
  3. Menyelenggarakan kerjasama lembaga pendidikan di bidang Informasi Teknologi untuk membangun calon SDM yang siap terjun di industri kreatif.

Sekaranglah saatnya Indonesia harus membangun masyarakat baru melalui kekuatan gabungan dari industri, ekonomi, dan budayanya. Dengan pemahaman yang jelas tentang situasi negara kami saat ini, kami mendukung dan mendorong perkembangan dan keragaman industri kreatif kami. Kami berharap pada akhirnya mengubah Yogyakarta menjadi pusat kreatif paling terkemuka di Asia.

 

AMIKOM BUSINESS PARK (ABP)

ABP Inkubator  adalah Inkubator dari AMIKOM Foundation. Ini adalah salah satu pembangun ekosistem startup teknologi terbaik di Yogyakarta, Indonesia. Dengan semangat kolaborasi, kami bekerja sama dengan Asosiasi dan komunitas lokal untuk membuat ekosistem startup di Yogyakarta menjadi lebih baik. Buka Channel Youtube ABP Buka Channel ABP Linkedin Buka Channel Instagram ABP Buka Channel Facebook ABP Ikon Alamat ABP

Amikom Business Park is one of the most prominent and innovative ecosystem players in Yogyakarta. BLOCK71 has collaborated with Amikom Business Park in numbers of events, and in each of the collaboration, the result has always been awesome! We look forward to collaborating with Amikom Business Park even mor

Reni Wahyuni Reni Wahyuni (Programme and Community Manager of BLOCK71 Yogyakarta)
 
 
 
 
 

 Yogyakarta telah menjadi salah satu ekosistem startup yang diperhitungkan di tanah air. Dan ABP adalah penyokong ekosistem yang paling aktif dan berkomitmen tinggi sejak awal berdirinya. ADITIF sebagai asosiasi perusahaan startup menganggap ABP sebagai mitra penting dalam membangun ekosistem yang kuat.

Saga Iqranegara

Saga Iqranegara (Ketua Asosiasi Digital Kreatif)

ABP benar-benar sangat memberi banyak support untuk para tenantnya. Inkubator paling keren se Yogyakarta

Ageng

Ageng (CEO Restoku | PT Restoranku Indonesia)

Membangun startup tanpa belajar dari pengalaman startup yang lain sama halnya dengan buang” waktu untuk masuk kejurang kegagalan yang sama. Kegagalan dapat diminimalisir dengan belajar dari startup lain, salah satunya bergabung di ABP.

Andrean Nurdiansyah

Andrean Nurdiansyah (Founder Whouse | PT Media Inovasi Berkah Nusantara)

ABP sangat membantu ICHIBOT dalam proses pembelajaran bisnis mulai pencarian funding, marketing hingga pengelolaan uang dan SDM. ABP membantu kami mendapatkan funding hingga saat ini kami dapat berjalan sendiri dengan konsep bisnis yang sudah matang.

Angga Priyatmoko

Angga Priyatmoko (CEO Ichibot | PT. Gagas Anagata Nusantara)

 

Dengan dukungan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kreativitas Indonesia akan disampaikan baik secara internasional maupun domestik. Melalui ini, kami akan berusaha untuk membawa sumber daya manusia yang berbakat, informasi yang relevan dan dana dari seluruh dunia. Kami juga bertujuan untuk menjadikan Yogyakarta sebagai pusat kreatif terkemuka.

Kami berencana untuk mempromosikan kerja sama yang diperkuat antara perusahaan dan membawanya melampaui klasifikasi ‘industri’, menciptakan bisnis yang terkait dengan budaya dan gaya hidup Indonesia. Melalui ini, kami akan meningkatkan konsumsi domestik Indonesia dan mendukung operasi asing perusahaan nasional kami.
Kami akan mengundang tokoh-tokoh dunia kreatif ke Indonesia. Kami akan bertujuan untuk bekerja bersama dan menciptakan peluang sehingga talenta muda dapat meningkatkan diri dan berkembang di berbagai budaya. Melalui upaya ini, kami akan berusaha untuk memelihara sumber daya manusia dan perusahaan dengan cara yang akan efektif di seluruh dunia.

Bekerja sama dengan kota-kota kreatif internasional dan domestik, kami akan bertujuan untuk mengamankan peluang bisnis global melalui pertukaran sumber daya manusia dan informasi yang relevan, dan melalui operasi proyek bersama.

Dengan dukungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kami akan mengembangkan lingkungan yang bebas dari batasan yang tidak perlu sehingga kami dapat menyambut nilai-nilai baru dan memfasilitasi kegiatan kreatif. Melalui ini, kami berharap dapat membangun masa depan baru untuk Indonesia.

error: Content is protected !!