Nilai, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

A. NILAI-NILAI UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Dalam melaksanakan kegiatan sivitas akademika dan tenaga kependidikan wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai budaya  sebagai berikut:

  1. Caring culture adalah budaya yang dibangun dengan dasar kepercayaan dan saling mengasihi dengan pedoman hadist Nabi “Tidak beriman salah seorang dari kamu sekalian, sehingga ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya” Intinya adalah seorang yang lainnya bagaikan satu jiwa, jika dia mencintai saudaranya maka seakan-akan dia mencintai dirinya sendiri dan harus menjauhkan diri dari perbuatan hasad (dengki).
  2. Learning culture adalah budaya yang dibangun berdasarkan hasrat untuk menjelajahi dan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi dengan penuh daya kreasi dan inovasi. “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
  3. Purposing culture adalah budaya yang dibangun berdasarkan pada tujuan hidup yang mulia, berkarya dan berprestasi yang paripurna bukan untuk memperoleh materi sema ta tetapi dilakukan karena bentuk kecintaanya kepada Tuhan. Tujuan hidup manuisa meliputi tigal hal yaitu : menyembah kepada Allah (beriman), memanfaatkan alam semesta (beramal) dan  membentuk sejarah dan peradaban (berilmu).
  4. Enjoyment culture adalah budaya yang dibangun berdasarkan keinginan untuk membahagiakan orang lain, menciptakan suasana yang membahagiakan dan menyenangkan.

B. VISI

Visi Universitas Amikom Yogyakarta adalah menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif yang berbasis kewirausahaan yang menebar kebajikan

Perguruan tinggi unggulan dunia merupakan perguruan tinggi yang masuk daftar 750 perguruan tinggi yang dikeluarkan oleh QS Ranking pada 2025 dan Perguruan tinggi unggulan dunia merupakan perguruan tinggi yang masuk daftar 500 perguruan tinggi yang dikeluarkan oleh QS Ranking pada 2030.

.

B. MISI

Universitas Amikom Yogyakarta memiliki misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kelas dunia di bidang ekonomi kreatif berbasis kewirausahaan.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang ekonomi kreatif berkualitas dunia yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan dunia maupun nasional, terutama dalam bidang ekonomi kreatif.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar global melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global.
  5. Mengembangkan pusat ekonomi kreatif dan pusat kewirausahaan yang bermanfaat baik nasional, regional maupun global.

C. TUJUAN

Universitas AmikomYogyakarta memiliki tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas global, berjiwa entrepreneur dan profesional dalam disiplin ilmu ekonomi kreatif.
  2. Menghasilkan penelitian dan produk ekonomi kreatif, berkualitas global yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional.
  3. Menghasilkan layanan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang ekonomi kreatif.
  4. Menghasilkan pendidikan berstandar global melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global.
  5. Menghasilkan taman ekonomi kreatif (serupa taman pengetahuan dan teknologi yang menkhususkan diri dalam ekonomi kreatif) global dan pusat kewirausahaan yang bermanfaat baik nasional, regional maupun global.

D. Sasaran Universitas Amikom Yogyakarta 5 tahun ke depan

Universitas Amikom Yogyakarta memiliki sasaran :

  1. Terwujudnya lulusan yang berkualitas global, berjiwa entrepreneur dan profesional dalam disiplin ilmu ekonomi kreatif. 80 % mendapat pekerjaan dalam waktu paling lama 3 bulan dan 30% menjadi entrepreneur.
  2. Terwujudnya penelitian dan produk ekonomi kreatif berkualitas global yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional yang memberikan 20-35% dari pendapatan perguruan tinggi.
  3. Terwujudnya layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang ekonomi kreatif yang memberikan sumbangan 6-15% dari pendapatan perguruan tinggi.
  4. Terwujudnya 10% dari mahasiswa tingkat sarjana dan magister sebagai mahasiswa program internasional serta terwujudnya 50 kemitraan dan jejaring global.
  5. Berkontribusi terwujudnya Universitas Top 100 Asia Tenggara.
  6. Berkontribusi terwujudnya Taman Ekonomi Kreatif dan Pusat Kewirausahaan di Asia Tenggara.

 

E. Motto

“Creative Economy Park”

Amikom Creative Economy Park (ACEP) yang telah bekerjasama dennen perusahaan di Silicon Valley dan Hollywood menjadika peluang baru bagi mahasiswa untuk melakukan internship dan bagi alumni untuk bekerja di Silicon Valley dan Hollywood.

F. RENCANA JANGKA PANJANG

RPJP Universitas Amikom Yogyakarta adalah dokumen rencana pembangunan jangka panjang Universitas Amikom Yogyakarta periode 2020-2040 yang memuat serangkaian pernyataan kehendak Warga Universitas Amikom Yogyakarta, yang disusun oleh Tim yang dibentuk oleh Rektor yang beranggotakan Rektor, Wakil-wakil Rektor, Senat Universitas (SU). Dokumen RPJP Universitas Amikom Yogyakarta menjadi panduan penyusunan Rencana Pengembangan Jangka Menengah Universitas Amikom Yogyakarta (RPJM AMIKOM), yang merupakan prioritas program dan kegiatan Rektor dalam mengelola Universitas Amikom Yogyakarta selama periode lima tahun yang dituangkan dalam Renstra.

RPJP Universitas Amikom Yogyakarta ditetapkan dengan maksud untuk memberikan arah sekaligus menjadi acuan seluruh Warga Universitas Amikom Yogyakarta dalam mewujudkan visi dan misi Universitas Amikom Yogyakartamelalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang unggul. RPJP Universitas Amikom Yogyakarta yang diproyeksikan untuk jangka waktu 20 tahun dibagi menjadi empat tahap. Setiap tahap berlangsung selama lima tahun dengan sasaran strategis masing- masing yang terus meningkat pada setiap tahapnya. Tahapan dan sasaran strategis tersebut adalah sebagai berikut:

Tahap I (2021-2025) Universitas Amikom Yogyakarta mengkonsolidasikan semua potensi yang dimilikinya dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga Universitas Amikom Yogyakarta menjadi perguruan tinggi unggulan Asia Tenggara (Top 750 QS Ranking) dan Taman Ekonomi Kreatif (Creative Economy Park) Unggulan Asia Tenggara, serta menjadi Universitas Generasi Keempat Unggulan Asia Tenggara pada 2025.

Tahap II (2026-2030) Universitas Amikom Yogyakarta mengkonsolidasikan semua potensi yang dimilikinya dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga Universitas Amikom Yogyakarta menjadi perguruan tinggi unggulan dunia (Top 500 QS Ranking) dan Taman Ekonomi Kreatif (Creative Economy Park) Unggulan Asia serta menjadi Universitas Generasi Keempat Unggulan Asia pada 2030.

Tahap III (2031-2035) Universitas Amikom Yogyakarta mengkonsolidasikan semua potensi yang dimilikinya dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga Universitas Amikom Yogyakarta menjadi perguruan tinggi unggulan dunia (Top 250 QS Ranking) dan Taman Ekonomi Kreatif (Creative Economy Park) Unggulan Dunia serta menjadi Universitas Generasi Keempat Unggulan Dunia pada 2035.

Tahap IV (2036-2040) Universitas Amikom Yogyakarta mengkonsolidasikan semua potensi yang dimilikinya dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga Universitas Amikom Yogyakarta menjadi perguruan tinggi unggulan dunia (top 100 QS Star) dan Taman Ekonomi Kreatif (Creative Economy Park) Unggulan Dunia serta serta menjadi Universitas Generasi Keempat Top Dunia pada 2040.

 

 

error: Content is protected !!