Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Koperasi Konsumen Citra Mandiri Sejahtera (Citramas) Tahun Buku 2023

31 May 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 31 Mei 2024 – Koperasi Konsumen Citra Mandiri Sejahtera (Citramas) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 pada hari Jumat, 31 Mei 2024 di Ruang Cinema, Gedung 6 Lantai 4, Universitas Amikom Yogyakarta.

Mengawali sambutannya, Dr. Achmad Fauzi, S.E., M.M., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Ketua Pengawas Koperasi Amikom, menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota koperasi dan jajaran pengurus atas dedikasi mereka. Beliau menekankan pentingnya semangat dan partisipasi aktif dari seluruh anggota koperasi.

“Saya berharap rapat ini dapat berlangsung dengan semangat tinggi dari Bapak Ibu sekalian, sehingga koperasi kita dapat terus berkembang sesuai dengan harapan Dinas Koperasi,” tambahnya.

RAT sendiri merupakan forum kekuasaan tertinggi dalam organisasi Koperasi, dimana penilaian pertanggungjawaban pengurus dan pengawas serta partisipasi anggota koperasi selama tahun buku sebelumnya dibahas. Laporan pertanggungjawaban yang disajikan meliputi hasil kegiatan dari segi organisasi dan manajemen, unit usaha toko, unit simpan pinjam, unit usaha digital printing dan fotokopi, unit usaha jasa, dan lainnya.

Laporan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas kepada anggota Koperasi Citramas mengenai perkembangan dan kondisi koperasi saat ini. RAT 2024 Tahun Buku 2023 juga merupakan kelanjutan dari RAT-RAT tahun sebelumnya, yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi anggota dalam memajukan koperasi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Setyo Hastuti, M.P. Dalam sambutannya menekankan pentingnya memahami bahwa koperasi adalah milik bersama yang dimiliki oleh anggota.

“Koperasi ini adalah milik anggota, setiap anggota memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam memajukan koperasi. Ini berbeda dengan perusahaan lainnya, di mana kekuatan suara ditentukan oleh jumlah saham yang dimiliki,” jelasnya.

Ibu Setyohastuti memberikan saran bahwa para anggota harus terus berpikir untuk membesarkan koperasi bersama-sama dengan memberikan usulan dan ide yang bisa mengembangkan koperasi ke depan. beliau mengajak seluruh anggota untuk aktif berpartisipasi dalam rapat dan memberikan ide-ide inovatif untuk kemajuan koperasi.

“Mari kita bersama-sama membesarkan Koperasi Citramas. Potensinya sangat besar, dan dengan kerja sama yang baik, kita bisa menjadi koperasi terkemuka di Daerah Istimewa Yogyakarta,” pungkasnya.

Dalam rapat tersebut, para peserta memberikan banyak saran, kritik, dan masukan yang bersifat membangun demi kemajuan Koperasi Citramas. Salah satu usulan yang disampaikan adalah pembentukan Tim Khusus untuk penyusunan perubahan AD/ART Koperasi Citramas. Semua usulan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk perbaikan dan kemajuan Koperasi Citramas di masa mendatang.