Kepala Sekolah SMKN 1 Masbagik Melakukan kerjasama Magang dengan Universitas Amikom Yogyakarta

3 June 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 27 Mei 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta menerima magang dari Kepala Sekolah SMKN 1 Masbagik, Bapak Makbuludin, S.Pd., M.Pd., yang berlangsung dari tanggal 27 Mei hingga 6 Juni 2024. Selama hampir dua minggu, Bapak Makbuludin berkesempatan untuk melihat langsung dan berdiskusi dengan berbagai badan usaha milik AMIKOM guna mempelajari pengelolaan usaha/bisnis di AMIKOM, kerjasama antara program studi dan dunia usaha, serta pelaksanaan teaching factory di AMIKOM.

Kegiatan magang ini merupakan bagian dari upaya pengembangan Teaching Factory dan persiapan SMKN 1 Masbagik untuk menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Badan Layanan Umum Daerah (SMK BLUD). Ini adalah tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Amikom Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Masbagik yang mencakup pengembangan dan pelatihan IT, magang industri bagi guru dan siswa, serta kegiatan pendidikan vokasi.

Selama kunjungan, Bapak Makbuludin juga melakukan podcast di Ruang Podcast Universitas Amikom Yogyakarta. Ia mengungkapkan kekagumannya terhadap berbagai fasilitas yang ada di AMIKOM, termasuk studio animasi MSV Pictures dan Amikom Business Park. Dalam podcast tersebut, ia menyatakan harapannya untuk bisa belajar dari AMIKOM dan mengembangkan program serupa di sekolahnya, seperti saluran TV dan studio podcast.

“Saya ingin murid-murid saya mempertimbangkan untuk menghadiri Amikom Yogyakarta setelah lulus karena saya yakin bahwa Amikom adalah tempat yang tepat bagi mereka untuk belajar dan berkembang,” tambah Bapak Makbuludin.

Kegiatan ini tidak hanya memperkuat hubungan antara Universitas Amikom Yogyakarta dan SMKN 1 Masbagik, tetapi juga menjadi kesempatan bagi kedua institusi untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan usaha.