Mahasiswa Teknik Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta menjadi salah satu pemenang Bug Bounty Kemendikbudristek 2022

23 August 2022 | Berita Utama

Mahasiswa Teknik Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta, Paska Parahita, berhasil menjadi salah satu pemenang Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbudristek melalui tim Education Computer Security Incident Response Team (EduCSIRT). Kompetisi ini diikuti oleh insan pendidikan mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dan dosen dan diselenggarkana pada 27 Juni-8 Juli 2022.

Tema yang diangkat dalam Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 adalah “Share & Protect” . Sesuai dengan nama dan temanya, Kompetisi ini bertujuan untuk mewadahi bug hunter dari kalangan insan pendidikan untuk berkontribusi dan melatih kemampuannya di bidang keamanan informasi. Para pencari bug (Bug Hunter) ikut terlibat dalam mencari celah keamanan pada layanan elektronik yang sudah ditentukan Tim EduCSIRT dan pengelola layanan elektronik di lingkungan Kemendikbudristek dengan cepat, sehingga memudahkan pengelola layanan dalam melakukan mitigasi dan menutup celah keamanan demi menyempurnakan layanan elektonik yang digunakan dalam dunia pendidikan dan kebudayaan.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Dr. M. Hasan Chabibie., menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat membentuk komunitas bug hunter dari insan pendidikan yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi yang peduli terhadap keamanan informasi pada layanan pendidikan dan kebudayaan yang ada di lingkungan Kemendikbudristek

Untuk menyemarakkan pelaksanaan Bug Bounty 2022, Pusdatin Kemendikbudristek juga mengadakan Webinar Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 yang diikuti oleh 176 peserta dari 275 peserta yang terdaftar yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat pada akhir Juni 2022 lalu.

Setelah Melalui Proses penjurian yang panjang dari Pusdatin Kemendikbudristek, para juri telah menyerahkan nama-nama pemenang dengan hasil sebagai berikut :
1. Maulana Alamsyah – Politeknik Harapan Bersama
2. Abdi Prawira Negara – Universitas Indraprasta
3. Mukhammad Khabiburrohman – STMIK El-Rahma
4. Ahmad Ray Septa Firdaus – Universitas Singaperbangsa Karawang
5. Paska Parahita – Universitas Amikom Yogyakarta

Prestasi yang diraih oleh Paska Parahita dalam Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 ini menambah pencapaian dia dalam berbagai peluang dan kompetisi yang diikutinya. Sebelumnya Paska juga menjadi Finalis IT Today (Hacktoday 2020) dan Top Ten 10 Titan in Telkomsel Tech Titans League Series 3 – Cyber Security. Pencapaian-pencapaian ini jugalah yang membuatnya terpilih untuk mendapatkan Beasiswa Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Berprestasi Tahun 2021.

Menanggapi Prestasi dari Mahasiswa teknik Komputer tersebut, Kaprodi S1 TeknikKomputer, Dony Arityus, M.Kom., menyampaikan bahwa Prodi teknik komputer selalu memberikan ruang dan support mahasiswa untuk mengikut kompetisi baik itu nasional maupun international. Mereka juga sudah dibekali keilmu sesuai konsentrasi khusus dibidang cyber security dan IoT ( internet of thinks) sejak semester 2.

“Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan banyak mahasiswa yang bisa mengikuti ajang bergensi baik itu nasional maupun internantional. Kita dari prodi dan universitas tetap akan mendukung sepenuhnya kegiatan – kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa. Karena amikom adalah tempat melahirkan orang-orang kreatif dan innovative”, Tambahnya./Fry