Universitas AMIKOM Yogyakarta Menerima Studi Banding dari Pimpinan Universitas Boyolali (UBY)

26 August 2022 | Berita Utama

Universitas AMIKOM Yogyakarta menerima studi banding dari Pimpinan Universitas Boyolali (UBY) Dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mereka disambut langsung oleh rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM., di ruang Cinema Universitas AMIKOM Yogyakarta (23/8).

Peserta studi banding tersebut diikuti oleh segenap pimpinan UBY meliputi Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Administrasi Umum dan Sumberdaya Manusia, Wakil Rektor Bidang Kemahaiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dekan di Lingkungan Universitas Boyolali, Ketua Program Studi Teknik Informatika, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Perwakilan Dosen Program Studi Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi, serta Kabiro.

Acara studi banding tersebut difokuskan pada Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Ilmu Komunikasi. Hal ini dipicu dengan semakin populernya kedua program studi tersebut, dan banyak dibidik oleh calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kedua program studi ini nantinya akan didorong untuk menjadi mercusuar bagi UBY dengan program-program pembelajarannya agar sesuai dengan perkembangan teknologi, dunia usaha dan dunia industri.

Dalam Acara Studi banding ini, rombongan UBY diajak oleh Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional untuk melihat langsung penerapan Creative Economy Park, dengan melakukan campus tour di beberapa BUMA (Badan Usaha Milik Amikom), seperti MSV Studio, RBTV, MQFM, TE-ISP dan PT. GIT Solution.

Dalam sambutannya, Prof. Suyanto memaparkan perjalanan Universitas AMIKOM sejak awal berdiri hingga saat ini mampu menjadi perguruan tinggi yang terekognisi secara Internasional sebagai peringkat ke 33 kategori Industrial Application versi WURI (World’s Universities with Real Impact).

Dalam paparannya Prof. Suyanto menekankan bahwa dalam perjalanan Universitas AMIKOM Yogkayarta untuk mencapai prestasinya ada nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh segenap civitas akademika yaitu keberanian, kolaborasi, loyalitas, dan ikhlas dalam mengemban amanah.

Rektor Universitas Boyolali, Dr. Nanik Sutarni sangat terkesan atas sambutan yang hangat dari Universitas AMIKOM Yogyakarta Beliau juga menyampaikan kesiapannya atas tindaklanjut atas studi banding ini, khususnya yang mendukung program MBKM serta mendukung program kerja Rektor untuk transformasi manajemen atau tata kelola UBY berbasis Teknologi Informasi.