Tim Fishee Amikom Raih Gold Medal dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022 di Malaysia

30 May 2022 | Berita Utama

Tim Fishee Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih Gold Medal untuk kategori Agriculture dalam ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022 Malaysia. WYIE 2022 sendiri merupakan salah satu dari 3 Pameran yang serentak diadakan dalamThe International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2022. Selain WYIE 2022, pameran lain yang diadakan dalam ITEX 2022 adalah Asia Young Inventors Exhibition (AYIE) dan Malaysia Young Inventors Exhibition (MYIE).

3 Pameran yang diadakan dalam ITEX 2022 ini diadakan secara hybrid, dimana secara luring bisa disaksikan di Kuala Lumpur Convention Centre pada tanggal 26 – 27 May 2022 dan secara daring yang bisa disaksikan secara virtual.

Pameran Penemuan, Inovasi, dan Teknologi Internasional (ITEX) adalah pameran tahunan yang diadakan oleh Malaysian Invention and Design Society (MINDS) untuk menampilkan berbagai penemuan, teknologi, dan produk baru dari inovator-inovator muda di wilayah Asia dan sekitarnya. Event ini ditargetkan bisa mengamankan prospek investasi, manufaktur, dan komersialisasi dari produk-produk tersebut.

Fishee merupakan Inovasi yang memberikan kemudahan bagi para pembudidaya ikan dalam mengoptimalkan kualitas media dan air kolam, termasuk pemberian pakan secara otomatis hanya dengan satu klik yang diinstruksikan melalui smartphone via telegram. Sebelumnya, Inovasi ini juga berhasil meraih Gold Medal dalam ajang Inovasi Internasional XXV Moscow International Salon of Inventions and Innovations Technologies “Archimedes” untuk kategori IoT and Apps di Moskow, Rusia pada akhir Maret 2022.

FISHEE merupakan hasil kolaborasi penelitian mahasiswa dari Multi prodi, yaitu S2 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, dan S1 Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta. Tim Fishee sendiri beranggotakan Dwi Rahmawati (Product Manager) , Yogi Yulianto (Programmer), Pebri Antara (Programmer), Dicky Arisya Rizaldi Ramadandi (Programmer) serta Taufiq Alfianto (Designer).

Proses Pengembangan Prototype produk FISHEE saat ini berawal dari perencanaan produk tersebut pada bulan Oktober 2021. Setelah dikonsultasikan dengan Dosen pembimbing, Prototype tersebut dilombakan di berbagai kompetisi dan mendapat sambutan yang sangat baik dari tim juri maupun calon investor. Tim Fishee berharap bahwa inovasi yang mereka kembangkan ini dapat terus dikembangkan menjadi produk masal, dan dapat didistribusikan dengan baik, agar bisa menjadi solusi untuk membantu petani ikan dalam memonitor pertumbuhan ikan dan jumlah ikan yang akan dipanen.

Prof. Dr. Ema Utami, S.Si., M.Kom.. selaku Pembimbing Tim FISHEE bangga atas prestasi mahasiswa bimbingan beliau dalam ajang tersebut. Sebagai dosen pembimbing, tentu saya merasa sangat senang dengan tim peneliti ini yang memiliki semangat belajar tinggi dengan memanfaatkan berbagai teknologi sebagai sarana pendukungnya.

“Tim pengembang FISHEE ini telah menunjukkan bahwa mereka mampu berperan masing-masing sesuai bidangnya dalam sebuah barisan yang kokoh sehingga mampu menghasilkan karya berbasis teknologi yang berguna di masyarakat”, Ujarnya.

Prestasi yang diraih oleh Tim Fishee ini tentunya patut mendapat apresiasi dari semua pihak. Apresiasi dari penghargaan tersebut, salah satunya adalah dengan adanya beasiswa, bisa berupa; SPP. ataupun yang lainya, bagi mereka yang berprestasi baik lokal, nasional apalagi internasional sesuai dengan persyaratan / ketentuan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Achmad Fauzy, M.M., menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan wujud kerjasama dan kolaborasi yang luar biasa dari dosen dan mahasiswa, dimana masing-masing mengambil peran sesuai kapasitasnya baik ide, gagasan, kreatifitas dan inovasi.

“Semoga torehan prestasi ini akan memacu dan memicu, juga menginspirasi mahasiswa dan dosen lainya untuk melakukan kerjasama riset yang bisa memberikan manfaat tidak hanya untuk dirinya atau almamaternya namun juga bisa bermanfaat untuk masyarakat”, tambahnya.