Kunjungan Pusat Pengembangan Multi Media Universitas Terbuka ke Universitas Amikom Yogyakarta

22 May 2022 | Berita Utama

Pusat Pengembangan Multi Media Universitas Terbuka (Tangerang Selatan) melakukan kunjungan ke Universitas Amikom Yogyakarta untuk melakukan studi banding dan sharing mengenai Animasi dan Teknologi Augmented Reality/Virtual Reality (18/5). Universitas Terbuka (UT) sendiri rnerupakan perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).  Itulah kenapa, dalam rangka  meningkatkan kualitas konten pembelajaran yang akan digunakan sebagai u bahan ajar pendukung


Rombongan Universitas Terbuka dipimpin oleh Anto Hidayat, S.IP., M.Si. (Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Terbuka) dan Drs. Jamaludin, M.Si (Kepala Pusat Pengembangan Multi Media Universitas Terbuka) dan disambut oleh Universitas Amikom Yogyakarta, yang diwakili oleh Agus Purwanto, M.Kom [Kaprodi Teknologi Informasi] dan Lya Renyta Ika Puteri, S.Kom (Kepala Sub Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional).


Dalam sharing tentang proses pengembangan Animasi, Aryanto Yuniawan, M.Kom (Komisaris MSV Studio) berbagi tentang bagaimana produksi animasi, terutama penerapannya secara praktikal di tingkat industri. Sedangkan terkait dengan penerapannya di kurikulum kampus, Agus Purwanto berbagi tentang bagaimana Universitas Amikom Yogyakarta mengembangkan kurikulumnya, agar sesuai dengan tuntutan dunia industri.


Di sesi selanjutnya, Kardilah Rohmat Hidayat, S.Kom (Manager Game Developer GITSolution) dan Alif Probohadi, S.St (Project Manager Game Developer GITSolution) berbagi tentang bagaimana memanfaatkan Teknologi Augmented Reality/Virtual Reality untuk meningkatkan User Experience dalam proses pembelajaran jarak jauh.


Setelah sesi Sharing Session, Rombongan dari Universitas Terbuka tersebut diajak untuk melihat langsung berbagai perusahaan yang ada didalam lingkungan Amikom Creative Economy Park, seperti: Studio Animasi dan Dubbing Audio MSV Studio, Studio Radio MQFM Jogja, Studio Televisi RBTV Jogja, dan studio kerja PT. GIT Solution.