Seminar Merdeka Belajar – Penggunaan IT dalam Merdeka Belajar Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran

8 April 2022 | Berita Utama

Lebih dari 90 orang perwakilan menengah di Yogyakarta, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan ketua jurusan, mengikuti Seminar Merdeka Belajar – Time Excelindo & Univ.Amikom Yogyakarta, yang bertajuk “Penggunaan IT dalam Merdeka Belajar Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran” pada hari Rabu (6 April) di Ruang Cinema Amikom.


International Sales Manager, Senior Vice President II Facts, Nelnet’s Global Arm, Mark Wile. yang menjadi keynote speaker dari acara tersebut berbagi banyak hal terkait dengan pengalamannya dalam mencari solusi atas berbagai macam permasalahan pendidikan di berbagai negara. Selain itu, Mark juga menyampaikan pentingnya penerapan IT secara konsisten dan setara kepada para siswa, tanpa peduli latar belakang ekonominya, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.


Dalam agenda tersebut, CEO PT Time Excelindo Muhammad Hanafi, menyampaikan bahwa kolaborasi antara Time Excelindo dengan Nelnet ini merupakan kolaborasi yang bisa memberikan nilai tambah bagi kedua instansi. Salah satunya dengan mengembangkan berbagai produk IT penunjang pendidikan untuk akademisi dan sekolah, yang berbasiskan pada Artificial Intelegence, In Cloud, dan Mobile friendly.


Pentingnya peran IT dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah ini juga ditegaskan oleh Ria Putri (Center for Studies on Inclusive Education Sekolah Tumbuh) dalam presentasinya yang bertajuk “IT dalam merdeka belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran”.


Agenda ini sendiri merupakan tindak lanjut dari MoU antara Universitas Amikom Yogyakarta dan Time Excelindo dengan Perusahaan penyedia platform layanan pendidikan Global, Nelnet International. TE akan Mendukung penuh kerjasama itu baik dari sisi bisnis, baik terkait joint produk, join Collaboration, serta berbagai peluamg bisnis yang muncul dari kerjasama tersebut.


Kerjasama dengan Nelnet Internasional ini sendiri berfokus pada berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan perguruan tinggi seperti: Workshop, Beasiswa, Platform Pinjaman, serta berbagai kolaborasi lain yang menguntungkan keduav instansi.


Nelnet International sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 11.000 sekolah dan 1.200 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia untuk membantu mereka dalam menanamkan praktik yang optimal dalam dalam membangun institusi yang gesit dan bisa menjawab berbagai tantangan di masa depan.


Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Dr. M. Suyanto, MM menyampaikan apresiasinya terhadap kelangsungan acara ini. Beliau juga menyampaikan bahwa seminar ini merupakan salah satu upaya Amikom dalam menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan di Hollywood, Silicon Valley serta berbagai sentra bisnis global lainnya./vdy
error: Content is protected !!