Mahasiswa Teknik Komputer AMIKOM Juara 1 Kompetisi Cyber Security Pekan IT UNSIKA

18 October 2022 | Berita Utama

 

Tiga orang Mahasiswa Program Studi S1-Teknik Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta yang tergabung dalam tim Avarage Osint Enjoyers berhasil menjadi Juara 1 Kompetisi Cyber Security tingkat Nasional dalam Pekan IT Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang).

Acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika (HIMTIKA) Unsika mengangkat tema “Develop Your Smart Innovation With Technology”. Dalam Pekan IT terdapat beberapa rangkaian acara seperti IT Competition, Webinar dan Workshop. Untuk IT Competition, terdapat 3 kategori yang dilombakan, yaitu: Cyber Security, Software Development, UI / UX, Data Mining, dan Business Plan Competition

Dalam Kompetisi IT tersebut, Tim Universitas AMIKOM Yogyakarta sendiri ikut berkompetisi dalam kategori Cyber Security. Mereka terdiri dari tiga orang mahasiswa Program Studi S1- Teknik Komputer, yaitu: Ananda Fikri, Muhammad Ichwan, dan Paska Parahita.

“Kita awalnya dapat info dari Teman-teman Komunitas CTF (Capture The Flag) Amikom di Instagram, Kemudian kita langsung daftar secara online dan mempersiapkan diri untuk kompetisi tersebut”, kata Ananda dalam wawancara khusus dengan @amikomjogja beberapa waktu lalu.

Menurut Ananda, dalam tim ini masing masing punya spesifikasinya masing-masing. Nanda yang fokus dalam Open source Intelegence dan Forensic DIgital, Paska yang selain 2 hal tersebut, juga fokus dalam mencari celah di dalam website, serta Ichwan yang fokus pada exploitasi aplikasi, kriptografi dan reverse Engineering.

Dalam Pekan IT, Tim amikom bersaing dengan 9 tim lainnya dalam Kompetisi Cyber security yang menggunakan metode Jeopardy, dimana peserta akan diberikan banyak contoh kasus dari berbagai kategori, seperti: web, kripto, binary, forensik, dll. Selanjutnya, kasus-kasus tersebut akan dikerjakan anggota didalam tim tersebut, sesuai dengan fokusnya masing masing. Setelah melalui pertarungan yang ketat, Tim Amikom berhasil meraih juara setelah mendapat 900 point. Berikut hasil dari Kompetisi Cyber security tersebut:

Setelah memenangkan kompetisi ini, mereka akan terus mengikuti berbagai kompetisi CTF, baik di Internasional maupun Nasional. Misalnya Paska dan Ichwan yang akhir bulan ini akan mengikuti Kompetisi CTF Compfest di Jakarta. Selain itu mereka juga akan membimbing dan membantu talenta-talenta baru untuk bisa berprestasi juga,

“Bagi yang tertarik, bisa ikut bergabung di HIMTEK. Selain CTF, ada juga berbagai komunitas lain seperi Amikom Virus, Overclock, IoT, dll. Nanti kita belajar bareng disana, karena kita sistemnya dipaksa karena terbiasa, agar nantinya bisa menjadi kebiasaan.” Tambahnya.