Universitas Amikom Yogyakarta Terima Kunjungan Pusat Riset Ekonomi Industri, Jasa, dan Perdagangan BRIN

22 August 2024 | Berita Utama

**Yogyakarta, 20 Agustus 2024** – Universitas Amikom Yogyakarta menerima kunjungan dari Pusat Riset Ekonomi Industri, Jasa, dan Perdagangan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Ruang Citra 1 Amikom.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh BRIN bersama Politeknik LPP Yogyakarta bertajuk “Penyiapan Kompetensi Sumber Daya Manusia di Era Digital Melalui Pendidikan Tinggi Vokasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dunia kerja serta kompetensi kunci yang harus dimiliki oleh lulusan vokasi dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi digital.

Tim dari BRIN disambut oleh Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM.,
Beliau berbagi tentang pengalamannya dalam membangun dan mengelola Ekosistem kreatif di Universitas Amikom Yogyakarta, terutama terkait dengan Program Vokasi.

“Kekuatan Amikom terletak pada leadership dan ekosistemnya. Kami menduduki peringkat satu dunia dalam kategori leadership dan peringkat dua dunia dalam ekosistem,” ungkapnya.

Selama kunjungan, BRIN melakukan audiensi, observasi, serta wawancara dengan Program Studi Vokasi di Universitas Amikom, yakni Prodi D3 Teknik Informatika dan Prodi D3 Manajemen Informatika. Peneliti dari BRIN, yang dipimpin oleh Mia Rahma Rohmadona, mendalami isu-isu penting terkait penggunaan teknologi digital oleh lulusan pendidikan vokasi di dunia kerja.

Penelitian ini akan dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring kepada SDM vokasi serta wawancara mendalam dengan stakeholder yang berperan dalam pengembangan kompetensi di era digital.

Penelitian ini juga diharapkan dapat menggali data statistik terkait pendidikan vokasi di Amikom dan menjadi landasan penting bagi pengembangan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia.