Launching Amikom Information Communication Technology Award (AMICTA) Tahun 2024

10 June 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 7 Juni 2024 – Universitas AMIKOM Yogyakarta menggelar acara Sosialisasi dan Launching Amikom Information Communication Technology Award (AMICTA) Tahun 2024 di Ruang Cinema. Acara ini berlangsung mulai pukul 13.30 WIB dan dihadiri oleh sekitar 200 mahasiswa serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Steering Committee, Heri Sismoro, M.Kom, menyampaikan bahwa AMICTA adalah kompetisi penting yang membentuk mental pejuang dan memberikan solusi untuk berbagai masalah global. Ia juga mengisahkan sejarah awal AMICTA, yang dimulai dengan pengiriman karya pertama pada tahun 2006 dan berlanjut dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional dan internasional. Hingga Kini, Kompetisi ICT ini telah berjalan selama 18 tahun, dan beliau berharap AMICTA akan terus berlanjut dengan dukungan dari mahasiswa yang hebat. Ia menekankan pentingnya merawat dan mengembangkan AMICTA agar terus tumbuh dan memberikan kontribusi yang positif.

Acara ini juga diisi dengan sesi talkshow dan testimoni dari alumni AMICTA 2023 yang telah meraih berbagai prestasi nasional dan internasional dengan proyek mereka, “Smart Energy Management System Analysis (SESA): Optimizing Energy Efficiency Through Internet of Things and Machine Learning Integration.” Dian Prasetya, Jhingga Mahadhni, dan Muhammad Dava Ramadhan berbagi pengalaman mereka dalam mengikuti AMICTA 2023. Meski waktu persiapan sangat singkat, mereka berhasil lolos ke top 5 dan mendapatkan banyak masukan berharga dari para juri.

Pasca AMICTA, inovasi mereka yang menggabungkan teknologi Internet of Things (IoT) dan machine learning untuk menganalisis dan mengelola penggunaan listrik guna meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi karbon berhasil meraih banyak prestasi, seperti Juara 1 Teknologi Tepat Guna IT Fest Polnes, Juara 2 IOT Technology Internasional Invitation Contest Round 1 di China, Top 10 Project/Innovation for Universities dalam International Competition on Eco-Smart Innovations-Intelligence Sustainability, dan Juara 1 dalam kategori Smart Device IoT di UNITY Competition #12 tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Iii Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni, Dr. Achmad Fauzi, S.E, M.M., menegaskan bahwa prestasi yang diraih peserta AMICTA ini menunjukan bahwa mahasiswa Amikom mampu bersaing dengan perguruan tinggi top dunia. Untuk Gelaran 2024 ini, Beliau optimis bahwa peserta Amicta 2024 ini dapat mewakili Universitas Amikom Yogyakarta dan Indonesia dalam kompetisi internasional seperti APICTA, yang rencananya akan diadakan di Nepal pada tahun 2025.

AMICTA sendiri merupakan kompetisi yang dilaksanakan untuk meningkatkan budaya kompetisi berprestasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya civitas akademika Universitas AMIKOM Yogyakarta pada Fakultas Ilmu Komputer (FIK).

Dalam sambutannya, Ketua Panitia AMICTA 2024, Banu Santoso, S.T., M.Eng, menyampaikan bahwa AMICTA 2024 mengusung tema “Messenger of Innovation Change” dengan simbol Hanoman. Tajuk tersebut menggambarkan pesan perubahan dan inovasi dalam bidang teknologi informasi. Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pengalaman peserta di bidang IT serta menjadi batu loncatan menuju kompetisi nasional dan internasional.

Terdapat 11 kategori lomba dalam AMICTA 2024, yaitu: Videografi dan VFX, Animasi 2D & 3D, Media Pembelajaran (AR/VR), Aplikasi Sistem Informasi, UI/UX Design, Bisnis Digital, Pengembangan Game, AI dan IOT, Pemrograman, Keamanan Siber, dan Jaringan. Informasi lebih lanjut tentang AMICTA 2024 dapat diakses melalui tautan berikut: https://amicta.amikom.ac.id/.

Berikut ini adalah Video Livestream acara Sosialisasi dan Launching Amikom Information Communication Technology Award (AMICTA) Tahun 2024

Koresponden : NN
Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)