51 Proposal Penelitian Universitas Amikom Yogyakarta Lolos Program Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2024

4 June 2024 | Berita Utama

51 Judul Proposal penelitian Universitas Amikom Yogyakarta berhasil lolos sebagai Penerima Program Bantuan Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024. Hal tersebut disampaikan Berdasarkan Surat Pengumuman Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi nomor: 0667/E5/AL.04/2024

Program ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Melalui seleksi ketat, proposal-proposal dari berbagai universitas di Indonesia dinilai berdasarkan kualitas, relevansi, dan dampak yang diharapkan.

51 Judul Proposal penelitian Universitas Amikom Yogyakarta yang menerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024 ini terdiri dari 43 judul penelitian akademik dan 6 judul Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) akademik, 1 judul penelitian vokasi, dan 1 Judul PkM Akademik Lanjutan. Untuk judul penelitian akademik terdiri dari 29 Penelitian Dosen Pemula Reguler (PDP Reguler), 3 Penelitian Pascasarjana-Penelitian Tesis Magister (PPS-PTM), 2 Penelitian Pascasarjana-Penelitian Disertasi Doktor (PPS-PDD), 8 Penelitian Fundamental Regular (PFR), dan 1 Penelitian Terapan.

Untuk judul penelitian akademik secara kuantitatif, Universitas Amikom Yogyakarta menunjukkan prestasi yang membanggakan. jumlah Penerima Pendanaan Program Penelitian Tahun Anggaran 2024 yang diraih peneliti dari Universitas Amikom Yogyakarta menempati posisi 4 dari 36 perguruan tinggi swasta (PTS), dan secara nasional berada di posisi 10 dari 765 PTS. Dalam peringkat bidang pengabdian kepada masyarakat , universitas Amikom Yogyakarta menempati posisi 7 dari 33 PTS di LLDIKTI Wilayah 5, dan posisi 82 dari 553 PTS secara nasional.

Berikut ini adalah List Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024:

Direktur Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Andi Sunyoto, M.Kom mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian terbaru Universitas AMIKOM Yogyakarta, yang mencetak rekor baru dalam bidang penelitian dan pengabdian. Dibandingkan tahun sebelumnya, Jumlah Dosen Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat naik 20,87%, dengan tingkat kelulusan 46% dari jumlah yang submit.

Secara Statistik, Jumlah yang diterima itu 16% dari jumlah total dosen di AMIKOM. Hasil ini membuat beliau berharap bahwa di tahun selanjutnya, AMIKOM dapat naik dari kluster Madya ke kluster yang lebih tinggi, yaitu Kluster utama atau mandiri.

“Semoga hasil penelitian yang dihasilkan dapat berjalan lancar, memberikan hasil yang bagus, dan bermanfaat bagi masyarakat luas, bukan hanya terbatas pada laboratorium. Tujuannya agar penelitiannya bisa memiliki dampak positif yang nyata di masyarakat.”, Tambahnya.