Alumni Amikom Peraih Beasiswa di Universitas Georgia Berbagi Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri dalam Moklet Career Expo SMK Telkom Malang

10 June 2024 | Berita Utama

Malang, 7 Juni 2024 – Rakandhiya Daanii Rachmanto, alumni Universitas Amikom Yogyakarta, berbagi pengalamannya mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri dalam acara Talkshow Moklet Career Expo yang diadakan di SMK Telkom Malang. Rakandhiya, yang akrab dipanggil Raka, juga merupakan alumni SMK Telkom Malang dan saat ini tengah bersiap melanjutkan studi di Amerika Serikat, setelah mendapatkan beasiswa di Universitas Georgia untuk Program The Doctor of Philosophy (Ph.D.) degree in Computer Science.

Dalam sesi talkshow bertajuk “Join RESEARCH dan Beasiswa Kuliah Luar Negeri”, Raka menceritakan pengalamannya mengikuti Joint Research melalui Program Garuda ACE. Program Garuda ACE merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berfokus pada penelitian bagi mahasiswa berprestasi yang ingin berkolaborasi dengan profesor dari Amerika Serikat. Melalui program ini, mahasiswa sarjana dapat memanfaatkan hasil kolaborasi untuk melanjutkan studi ke program Ph.D. di universitas terkemuka di luar negeri dan memperoleh beasiswa penuh.

Raka memotivasi para siswa SMK Telkom Malang untuk terus berprestasi dan tidak ragu memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan diri dan meraih cita-cita mereka.

Moklet Career Expo sendiri merupakan Job & Edu Fair yang melibatkan 27 industri, 17 kampus swasta, dan dua lembaga bimbingan belajar. Universitas Amikom Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam acara ini. Raka, sebagai salah satu alumni SMK Telkom Malang yang berprestasi, diundang secara khusus untuk menjadi narasumber dalam talkshow ini bersama dengan narasumber lainnya dari PT. Bank Mandiri Malang, PT Telkom Sigma, PT SEVIMA, dan Universitas Negeri Malang.