Penutupan Short Course Internasional 2024 – Exhibition International Student Collaboration Project

4 June 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 1 Juni 2024 – Agenda Short Course Internasional 2024 Program Pertukaran Mahasiswa Asing dengan Universitas Baguio, Filipina, resmi ditutup dengan sesi Exhibition – International Student Collaboration Project yang diselenggarakan di Pusat Desain Industri Nasional Yogyakarta. Penutupan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Short Course Internasional 2024 yang berlangsung dari tanggal 18 Mei hingga 4 Juni 2024.

Acara ini diikuti oleh 14 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas AMIKOM Yogyakarta, 9 mahasiswa Universitas Baguio Filipina, 2 mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, serta seorang mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) Tangerang.

Pada sesi penutupan ini, peserta dibagi menjadi enam tim untuk mempresentasikan hasil kegiatan dan pembelajaran selama hampir dua minggu di Yogyakarta. Grup 5 yang mempresentasikan tentang Sudagaran berhasil meraih poin tertinggi, disusul oleh Grup 6 Notoyudan dan Grup 3 Sorowajan. Selain presentasi, peserta juga mengikuti pameran, diskusi, dan talkshow yang berfokus pada tema “Redevelopment of Urban Settlement in Facing Climate Change.”

Short Course Internasional 2024 ini juga melibatkan berbagai masterclass, kunjungan lapangan, dan ekskursi budaya. Kegiatan ini dirancang untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang pengembangan pemukiman perkotaan yang berkelanjutan dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Partisipasi aktif dalam acara ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman mereka, memperkuat kemampuan akademis dan praktis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan perubahan iklim di masa depan.

Diharapkan kegiatan ini dapat mempererat hubungan baik antar institusi, dan ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan internasional serupa dengan berbagai perguruan tinggi di dunia, yang akan terus memperluas jaringan dan kesempatan kolaborasi akademik.