Program Studi S-1 Akuntansi Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil meraih akreditasi 𝗕𝗔𝗜𝗞 𝗦𝗘𝗞𝗔𝗟𝗜

22 May 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 21 Mei 2024 – Program Studi S-1 Akuntansi Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil meraih akreditasi “𝗕𝗔𝗜𝗞 𝗦𝗘𝗞𝗔𝗟𝗜” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) untuk periode tahun 2024-2029. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan nomor “𝗡𝗼. 𝟭𝟮𝟮𝟬/𝗗𝗘/𝗔.𝟱/𝗔𝗥.𝟭𝟬/𝗩/𝟮𝟬𝟮𝟰”.

LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

Proses Akreditasinya sendiri berlangsung melalui tahap yang panjang. Proses asesmen lapangan yang merupakan bagian dari akreditasi ini dilakukan pada pertengahan April 2024. Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA pada saat itu terdiri dari dua ahli terkemuka di bidangnya, yaitu Prof. Dr. I Wayan Suartana, S.E., M.Si., Ak., CA. dari Universitas Udayana dan Dr. Rohmawati Kusumaningtias, SE., Ak., MSA., ACPA dari Universitas Negeri Surabaya. Proses ini mencakup pengumpulan data, observasi langsung, wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, serta analisis terhadap fasilitas dan sarana yang dimiliki oleh Program Studi S-1 Akuntansi.

Asesmen lapangan ini dianggap sebagai tahap krusial dalam upaya Prodi Akuntansi Universitas AMIKOM Yogyakarta untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanannya kepada mahasiswa. Kegiatan ini akan melibatkan pengumpulan data, observasi langsung, wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, serta analisis terhadap fasilitas dan sarana yang dimiliki oleh program studi tersebut.

Hasil dari asesmen ini akan menjadi dasar penentuan akreditasi yang akan diberikan oleh LAMEMBA. Semua pihak yang terlibat, baik dari Prodi Akuntansi Universitas AMIKOM Yogyakarta maupun LAMEMBA

Dengan diperolehnya akreditasi “𝗕𝗔𝗜𝗞 𝗦𝗘𝗞𝗔𝗟𝗜”, seluruh civitas akademika Universitas AMIKOM Yogyakarta, khususnya Program Studi S-1 Akuntansi, merasa sangat terhormat dan bersemangat untuk terus berinovasi serta meningkatkan kualitas pendidikan. Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi baru untuk mencapai visi menjadi Program Studi Akuntansi yang unggul di Asia Tenggara dalam menumbuhkan ekonomi kreatif yang mendukung pengembangan ilmu Akuntansi berbasis kewirausahaan dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) pada tahun 2030.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses akreditasi ini, termasuk para dosen, mahasiswa, alumni, dan tim asesor. Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi bersama untuk mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi di Indonesia.

Koresponden : NN

Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)