Asesmen LLDIKTI untuk USBJJ Tangerang Program Studi PJJ S2 Informatika

21 May 2024 | Berita Utama

Program Studi PJJ S2 Informatika Universitas Amikom Yogyakarta, pada tanggal 21 Mei 2024, melakukan Asesmen dalam rangka Monitoring dan Evaluasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) untuk Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) Tangerang.

Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) sendiri merupakan unit pendukung penyelenggaraan program PJJ yang berada di luar kantor pusat, di daerah, dan atau di wilayah jangkauan perguruan tinggi. biasanya USBJJ bisa digunakan untuk menunjang kegiatan PJJ, seperti tutoring, Tempat Ujian, ataupun kegiatan lain yang membutuhkan akses luring.

USBJJ Tangerang ini sendiri merupakan satu dari empat USBJJ yang dimiliki Program Studi PJJ S2 Informatika. keempat USBJJ ini yaitu USBJJ Tangerang di PT Time Excelindo Tangerang, USBJJ Provinsi Sulawesi Selatan di Universitas Dipa Makassar, USBJJ Provinsi Gorontalo di Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dan USBJJ Nusa Tenggara Barat di Universitas Teknologi Sumbawa.

Asesmen ini dilakukan oleh Koordinator Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, Zanuwar Fahruzi, S.T., melalui Pertemuan yang dilakukan secara Daring oleh pengelola Program Studi PJJ S2 Informatika dan Jajaran Pimpinan Universitas Amikom Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Bpk. Zanuwar menyampaikan bahwa Proses Asesmen ini untuk memastikan bahwa kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sedang berlangsung tetap sesuai dengan standar yang ditetapkan dan mampu meningkatkan kualitasnya sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan oleh Amikom. Beberapa hal yang ingin dilihat diantaranya adalah proses pembelajaran, kurikulum, capaian pembelajaran, serta sumber daya manusia dan sarana prasarana yang tersedia.

Beliau berharap bahwa kegiatan asesmen ini dapat mendorong Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) Tangerang dan Program PJJ Amikom secara keseluruhan untuk terus melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan visi yang diinginkan. Dengan demikian, diharapkan Amikom dapat terus memberikan kontribusi yang signifikan dalam kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Diharapkan hasil dari asesmen ini tidak hanya memastikan kepatuhan terhadap standar yang ditetapkan tetapi juga memacu inovasi dan pengembangan lebih lanjut dalam metode dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, Program Studi PJJ S2 Informatika di Universitas Amikom dapat menjadi model bagi institusi lain dalam menerapkan pendidikan jarak jauh yang efektif dan berkualitas.

Universitas Amikom Yogyakarta sendiri berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di era digital ini. Kegiatan asesmen ini adalah salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut, dan diharapkan dapat membawa dampak positif bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat luas.

Koresponden : NN

Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)