MoU antara 7 Perusahaan Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Program Studi Ilmu Komunikasi

16 May 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 16 Mei 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Program Studi Ilmu Komunikasi. Acara berlangsung di Ruang Citra 1 Amikom dan dihadiri oleh berbagai mitra industri serta perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Sosial dan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta.

Tujuh mitra Industri yang menandatangani MoU ini adalah PT. Aksara Dinamika Yogya (Harian Jogja), Arkadia Digital Media Tbk (Suara.com Jogja), CV Yumeda Pangan Sejahtera (Sweet Sundae Ice Cream), PT. Cantika Teknologi Nusantara (Centra Digital Agency), PT. Republika Media Mandiri (Republika Jogja), PT Java Pos Concern Ltd (Radar Jogja), dan BSM Entertainment Yogyakarta.

MoU ini mencakup kerjasama di berbagai bidang yang bertujuan memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan industri, baik terkait dengan Program MBKM, maupun kerjasama lain yang menguntungkan kedua instansi.

Dalam sambutannya, Emha Taufiq Luthfi, S.T, M.Kom (Dekan Fakultas Ekonomi Dan Sosial) menyampaikan Apresiasi kepada semua Mitra Industri yang terlibat dalam Kegiatan ini, Beliau menekankan pentingnya kolaborasi ini, yang telah berjalan bahkan sebelum adanya perjanjian formal, sebagai bentuk dukungan yang luar biasa dalam mendidik mahasiswa.

Lebih lanjut, Bpk. Emha menjelaskan bahwa konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kemendikbud bertujuan untuk menciptakan sinergi antara perguruan tinggi dan industri. Hal ini penting agar lulusan perguruan tinggi memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga dapat mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik di lapangan.

Program MBKM memungkinkan mahasiswa untuk magang atau berproyek di industri selama satu hingga dua semester, mendapatkan bimbingan dari dua pihak, yaitu perguruan tinggi dan industri. Selain itu, beliau mengajak para praktisi industri untuk berpartisipasi dalam program dosen praktisi guna memberikan kontribusi nyata dalam proses pembelajaran.

Beliau berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat besar bagi semua pihak yang terlibat, serta meminta agar industri memberikan masukan dan arahan jika terdapat kekurangan dari mahasiswa selama magang atau berproyek di tempat mereka.

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Dan Sosial dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Erik Hadi Saputra, S.Kom, M.Eng, mengungkapkan harapannya agar kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi industri dan mahasiswa. Menurut Beliau, Mahasiswa didorong untuk mempelajari semua bidang ini agar memiliki kompetensi yang holistik, dengan 80% mata kuliah berorientasi pada proyek, sehingga mereka terbiasa dengan studi lapangan dan penerapan teori dalam dunia nyata.

Menurut Beliau, Hal terpenting dalam Penandatanganan MoU antara Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Prodi Ilmu Komunikasi ini adalah implementasinya agar kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang positif bagi semua pihak.

Kepala Biro Republika Wilayah DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Fernan Rahadi menyambut positif program MBKM mandiri tersebut. Menurut Fernan, keberadaan mahasiswa magang MBKM banyak berkontribusi terhadap kerja keredaksian Republika.Beliau  mengungkapkan bahwa selama empat bulan terakhir, Sudah ada beberapa mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta yang membantu kinerja mereka di berbagai proyek di Yogyakarta dan Jakarta. Beliau berharap program ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua belah pihak.

Sementara Direktur Radar Jogja, Ananto Priyatno mengungkapkan bahwa selama empat bulan terakhir, Radar Jogja telah menerima 18 mahasiswa Amikom untuk magang, bergabung dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain, sehingga total peserta magang mencapai 28 orang. Bapak Anan menjelaskan bahwa Radar Jogja sangat terbuka dalam menerima mahasiswa magang dan telah membuktikan bahwa sekitar 80% karyawan mereka berasal dari program magang sebelumnya.

Beliau berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan mengajak universitas lain untuk bergabung, serta membuka peluang bagi mahasiswa Amikom untuk magang di berbagai unit Radar Jogja di seluruh Indonesia. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang lebih luas dan meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja.

 

Dokumentasi MoU : https://drive.google.com/drive/folders/1INvybDHrcAKUXrb6kX7ZfFKafgLEfIdP?usp=sharing

Koresponden : NN

Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)