86 Mahasiswa peserta program PMM belajar keberagaman dalam Kegiatan Modul Nusantara di Desa Wisata Pulesari

3 May 2024 | Berita Utama

86 Mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Amikom Yogyakarta mengikuti kegiatan Malam Keakraban di Desa Wisata Pulesari, Turi, Sleman (27 – 28 April 2024). Kegiatan tersebut merupakan metode untuk mengenal keberagaman nusantara melalui mata kuliah khusus dalam Program PMM 3 yaitu Modul Nusantara (MN).

Kegiatan Modul Nusantara sendiri merupakan rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang.

Dalam pelaksanaan Modul Nusantara, Mahasiswa Peserta PMM 3 dibimbing oleh Dosen Modul Nusantara, yaitu: Ibu Rumini, M.Kom, Bpk. Farid Fauzi, M.Kom, Bpk. Arvin Caludy Frobenius, M.Kom, dan Bpk. Anggrismono, SE, M.Ec, Dev, yang dibantu oleh Liaison officer (LO). Adapun kegiatan Modul Nusantara meliputi 4 hal: kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Pada Sesi refleksi, Narasumber Modul Nusantara, Halili Hasan, M.A mengajak para peserta untuk Memahami dan memaknai Hakikat Diri untuk memahami posisi dan peran diri dalam masyarakat yang beragam dengan tanpa kehilangan jati dirinya masing-masing.

“Kenali dirimu sendiri dan asal daerahmu, bangun pemahaman dan terima dirimu sendiri sebagai sebuah individu yang menjadi unsur terkecil dalam masyarakat Indonesia yang beragam serta Cita Rasa Daerah untuk Indonesia, Memahami keberagaman melalui cita rasa nusantara.”, Tambahnya.

Malamnya, Dalam sesi “Cultural Night”, Semua kelompok perwakilan masing-masing provinsi diminta menampilkan perkenalan secara kreatif , baik dengan Tarian, nyanyian, presentasi makanan untuk mengenalkan provinsinya masing-masing

Dosen pendamping modul nusantara, Rumini berharap semoga dengan mengikuti acara ini, mahasiswa PMM dapat memiliki kenangan, kebersamaan, saling menghargai, menghormati diantara keanekaragaman agama, seni budaya, bahasa, dan adat istiadat kita.

Koresponden : Rumini
Kontributor : Rk

Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)