Universitas Amikom Yogyakarta menerima kunjungan dari Delegasi Hungaria

25 April 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 25 April 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta menerima kunjungan dari Delegasi Hungaria yang diinisiasi oleh KBRI Budapest. Acara yang berlangsung di Ruang Citra 1 Universitas Amikom Yogyakarta ini menjadi momentum berharga untuk menjalin hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Hungaria dalam bidang pendidikan.

Rombongan Delegasi Hungaria dipimpin oleh Ifan Mahdiyat Sofiana (Dept Head of Information, Social and Cultural Section KBRI Budapest), dan melibatkan perwakilan Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan di Hungaria, yaitu: Dr. Szabó László (International Office-Gabor Denes University), Dr. Vörös József (Head of Research Department-Gabor Denes University) dan Mr. Atyim József (Enterpreneur, Adviser)

Dalam sambutannya, Arief Setyanto, S.Si, M.T., Ph.D (Wakil Rektor Iv Bidang Kerjasama & Pengembangan), mengenalkan Universitas Amikom Yogyakarta kepada delegasi dari hungaria ini. Beliau juga berbagai kerjasama internasional yang telah terjalin, seperti Silvanus Project, Garuda-Ace Young Researcher Collaboration, Erasmus Student, Lecturer & Staff Mobility, dll.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Szabó László memberikan gambaran tentang program-program unggulan di bidang teknologi komputer yang ditawarkan oleh Gabor Denes University. Program-program ini didesain sesuai dengan kebutuhan pasar, dengan fokus pada aspek praktis dan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan dan pengembangan mobile.

“Kami juga menawarkan program micro-credential, yaitu program pendidikan singkat yang memberikan keterampilan atau pengetahuan spesifik dalam bidang tertentu. Program ini menawarkan fleksibilitas tinggi bagi mahasiswa dan diakui oleh banyak universitas di Eropa, serta dapat membuka peluang kerja di berbagai perusahaan Eropa tanpa perlu pelatihan tambahan,” ungkap Laszlo.

Laszlo juga menyampaikan harapannya untuk meningkatkan kerjasama, termasuk dalam penelitian dan pertukaran mahasiswa dengan institusi di Hungaria. Selama pertemuan, pihak Amikom dan delegasi Hungaria menjajaki berbagai potensi kerjasama yang menguntungkan, seperti riset bersama, proyek kolaboratif, publikasi ilmiah, pertukaran mahasiswa, dosen, dan staf, serta program magang.

Agenda Kunjungan Delegasi Hungaria ke Universitas Amikom Yogyakarta ini merupakan bagian dari program rutin promosi Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Budapest dalam bentuk Familiarization Trip (Famtrip), bertujuan untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada delegasi Hungaria.

Ifan Mahdiyat, selaku pimpinan rombongan delegasi Hungaria, menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang sistem pendidikan Indonesia dan memetakan berbagai peluang kerjasama di masa depan. KBRI Budapest juga siap mendukung dan memfasilitasi berbagai kerjasama yang tercipta antara kedua belah pihak.

“Kami melihat peluang besar dalam memperkenalkan institusi pendidikan Indonesia di Hungaria, yang merupakan anggota Uni Eropa dan memberikan akses ke seluruh kawasan tersebut. Hal ini memungkinkan kolaborasi yang lebih luas dengan institusi pendidikan Indonesia, seperti AMIKOM,” ungkapnya.

Koresponden : NN

Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)