Mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil jadi Juara 1 dalam Lomba IoT and Networking Competition (IoNIC 2023)

10 December 2023 | Berita Utama

Mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil jadi Juara 1 dalam Lomba IoT and Networking Competition (IoNIC 2023) yang diadakan oleh Prodi D4 Teknologi Rekayasa Internet Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Lomba yang mengambil tema “Internet Revolution and Inovation for The Challenges and Opportunities of IoT adoption in Indonesia” ini dibuka secara umum untuk tingkat mahasiswa bagi bidang networking dan pelajar pada bidang IoT (_Internet of Things_).

Di Babak Kualifikasi awal yang diadakan secara online, terdapat 59 Tim dari berbagai kampus di Indonesia yang mengikuti kompetisi ini. Setelah melalui proses penjurian, dipilih 10 Tim untuk mengikuti babak final yang diadakan di Mini Theater PENS pada tanggal 24 – 25 November 2023. Dari 10 Tim yang masuk Final tersebut, 3 diantaranya berasal dari Universitas AMIKOM Yogyakarta. yaitu: Tim Netacom Reborn, Potang, dan Kopikap.

Di babak Final, 10 Tim yang lolos tersebut mendapat Studi Kasus yang menguji pengetahuan peserta mengenai jaringan komputer serta konfigurasi dan troubleshooting untuk mengidentifikasi masalah yang ada. Tim ditantang untuk merancang, mengkonfigurasi, dan mengelola jaringan komputer dengan efisien, aman, dan andal menggunakan software simulasi Cisco Packet Tracer.

Dalam Kompetisi tersebut, Tim Netacom Reborn, yang terdiri dari dua mahasiswa Teknik Komputer, Aiko Nur Hendry Yansyah dan Hanif Rifqi Alkhafizh, berhasil meraih hasil maksimal dengan menjadi Juara 1 IoNIC 2023. Berikut ini adalah hasil lengkap dari IoNIC 2023:

1. Tim NETACOM REBORN ( UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA)
2. Tim ECHOREPLY ( POLITEKNIK NEGERI JAKARTA)
3. Tim Aman ( Universitas Gadjah Mada)

“Saya tidak menyangka bisa menang,” Ujar Aiko saat diwawancarai oleh Tim DKUI Universitas AMIKOM Yogyakarta

“Awalnya, saat melihat banyak peserta yang berasal dari kampus-kampus besar, target saya hanya masuk 3 besar saja. Ternyata, saat pengumuman keluar, alhamdulillah tim kita ada di peringkat satu”, Tambahnya.

Setelah ini Aiko juga berharap bisa terus memperbanyak pengalaman dan memperbagus portofolio dengan terus mengasah kemampuan di berbagai kompetisi networking.