Mahasiswa Ilmu Komunikasi AMIKOM Ikuti program Youth Abroad Expedition (YAE) #4 di Malaysia

11 December 2023 | Berita Utama

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta, Dwi Nur Rohim, mengikuti program Youth Abroad Expedition (YAE) #4 dengan tema Cikgu Mengajar yang diadakan pada tanggal 16-19 november 2023 di Malaysia.

Program Youth Abroad Expedition#4 ini merupakan program International Volunteering yang diselenggarakan oleh Indonesia Millennial of Change (IMC), yang memberi kesempatan kepada pemuda-pemudi terpilih dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk bisa berkontribusi bersama masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia.

Program YAE#4 ini diikuti oleh 40 Orang mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selama 4 Hari, mereka mengikuti berbagai kegiatan, seperti membantu mengajar siswa-siswa usia SD di Sanggar Bimbingan Sentul.

Sanggar Bimbingan Sentul ini merupakan lembaga pendidikan non-formal yang berada di Kuala Lumpur dengan peserta didik yang berasal dari anak pekerja migran Indonesia. Tempat ini jadi salah satu solusi bagi pekerja migran untuk mendapatkan akses pendidikan untuk anak-anaknya, Karena Salah satu kendala yang dihadapi pekerja migran ini adalah tidak adanya dokumen yang sah seperti Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, paspor, dan surat perizinan lainnya. Hal ini yang menyebabkan warga migran kesusahan dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

Selain itu mereka juga mengadakan festival budaya, yang berisi Fashion show budaya dan Kuliner nusantara. Rohim memperkenalkan bakpia di acara tersebut, sebagai salah satu kuliner yogyakarta. Dalam kesempatan itu juga, Tim yang dipimpin oleh Rochim berhasil mendapatkan award sebagai tim terkreatif di kegiatan tersebut.

Rohim sendiri merasa bersyukur bisa melewati berbagai proses agar bisa lolos di kegiatan tersebut. Kesempatan untuk Berbagi tentang budaya nusantara dan turut berkontribusi dalam membantu saudara setanah air yang berada di negara lain.

Selanjutnya, selain mengikuti program YAE#4 ini, Rohim juga lolos di program Global Education di 3 Negara (Singapura Malaysia Thailand) pada tgl 4-9 Maret 2024 mendatang.