Rakernas Aptikom di AMIKOM Hasilkan “Deklarasi Jogja 2023 Aptikom untuk Indonesia”

23 March 2023 | Berita Utama

Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) mengadakan Seminar dan Rakernas APTIKOM, yang berlangsung selama 2 hari, yaitu hari pertama di Hotel Grand Keisha pada hari Minggu (19/3) dan hari kedua di Universitas AMIKOM Yogyakarta pada hari Senin (20/3).

Rakernas APTIKOM tahun 2023 dilaksanakan guna menyusun progam kerja kalender tahun 2023 – 2024, Rapat kerja dihadiri 75 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. . Tema yang diangkat dalam Rakernas ini adalah Best Practice Akreditasi Unggul dan Membangun Roadmap Riset-Riset Unggulan di Perguruan Tinggi INFOKOM.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa nara sumber seperti Prof. Dr. M. Suyanto, M.M (Rektor Universitas Amikom Yogyakarta), Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom (Ketua Umum APTIKOM), Prof. Ir. Paulus Insap Santoso, M.Sc., Ph.D., IPU., (Ketua Bidang – Bidang SPMI dan Akreditasi), dan Prof. Dr. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D (Ketua Klaster 1 Kelompok Keilmuan).

Dalam acara ini, para nara sumber membahas mengenai strategi untuk mencapai akreditasi unggul serta cara membangun roadmap riset-riset unggulan di perguruan tinggi INFOKOM. Sejumlah topik menarik dibahas, termasuk tren terbaru dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, metodologi pengembangan kurikulum, serta strategi peningkatan kualitas pengajaran dan penelitian di perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum APTIKOM Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si, S.Kom menyatakan bahwa tujuan dari rapat kerja nasional ini adalah untuk merancang program kerja selama satu tahun di 2023-2024, degan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi informatika dan komputer di Indonesia.

Menurut Prof. Benny, APTIKOM memandang perlu penerapan kecerdasan artifisial karena tantangan global semakin tinggi di berbagai sektor kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi, sosial, politik, hukum, keamanan, dan lain-lain. Dengan demikian, APTIKOM dapat memberikan solusi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, integritas bangsa (moral dan etika), dan daya saing bangsa.

Selain rancangan program kerja satu tahun ke depan, rakernas tersebut juga menghasilkan rumusan Deklarasi Jogja 2023 Aptikom untuk Indonesia. Dimana dalam agenda tersebut, dirumuskan 5 tujuan dalam bentuk Deklarasi Jogja 2023 Aptikom untuk Indonesia, yaitu APTIKOM untuk Bangsa dan Negara, APTIKOM untuk Perguruan Tinggi, APTIKOM untuk Program Studi, APTIKOM untuk Dosen, dan APTIKOM untuk Mahasiswa. Setiap tujuan tersebut memiliki poin-poin yang lebih rinci di dalamnya.

Dalam deklarasi tersebut, anggota Aptikom menyatakan tekad untuk berkontribusi pada bangsa dan negara, serta perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mewujudkan ekosistem digital pada tahun 2030 melalui penyusunan roadmap digital menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu, Aptikom juga berkomitmen untuk menjadikan seluruh perguruan tinggi anggotanya sebagai sumber utama lahirnya SDM yang kompeten dan berintegritas.

Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan perguruan tinggi INFOKOM di Indonesia, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang tersebut.