RAKERNAS IndoCEISS-CORIS 2023

25 February 2023 | Berita Utama

IndoCEISS bekerjasama dengan Universitas Amikom Yogyakarta menyelenggarakan Rapat Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 yang diadakan di Ruang Citra 2 Amikom (24-25 Februari 2023). Tema yang diusung dalam agenda yang berlangsung selama 2 hari ini adalah “Workshop Pengelolaan dan Peningkatan Outcome Menuju PT Unggul”.

IndoCEISS (Indonesian Computer, Electronics and Instrumentation Support Society) sendiri merupakan Organisasi profesi yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 19 Januari 2010 sebagai hasil pemikiran adanya kebutuhan organisasi profesi bidang komputer, elektronika dan instrumentasi di Indonesia.

Dalam Laporan Ketua Panitia, Dr. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom., menyampaikan bahwa agenda ini diikuti oleh 160 peserta baik secara daring maupun luring yg berasal dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia. Agenda ini mendatangkan pakar-pakar dari bidang pendidikan, terutama juga dari lembaga akreditasi mandiri yang bisa jd bahan utk mengevaluasi kinerja perguruan tinggi.

Beliau juga berharap bahwa Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 ini bisa menjadi Sarana untuk bisa saling kolaborasi, sinergi dan saling menguatkan untuk menuju perguruan tinggi yang unggul.

Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM., sebagai tuan rumah Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Kegiatan tahunan tersebut. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa perguruan tinggi, melalui badan usahanya bisa menciptakan produk-produk bidang Teknologi Informasi, komputer, Elektronika dan instrumentasi kelas dunia.

Rangkaian kegiatan Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 sendiri terdiri dari dua hari, Hari oertama yang difokuskan pada Rakernas IndoCEISS yang membahas tentang Rencana Kerja Departemen (PP) dan Provinsi. Rencana kerja tersebut nantinya akan menjadi acuan kegiatan departemen/provinsi selama setahun kedepan dalam membesarkan peran IndoCEISS di indonesia.

Agenda di Hari pertama dilanjutkan dengan Rakernas CORIS (Cooperation Research Inter University) yang beranggotakan Perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam Rakernas tersebut peserta membahas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh perguruan tinggi, terutama yang terkait dengan riset dan penelitian bersama dibidang IT

Hari Kedua, Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 terdiri dari Workshop Pengelolaan dan Peningkatan Outcome Menuju PT Unggul. Workshop ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu:

  1. Sesi Hibah Konsorsium dan Usulan Prodi Baru (Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA: & Prof. Ahmad Beny Mutiara)
  2. Sesi Best Practice Implementasi PPEPP (Dr. Ir. Djoko Soetarno, DEA, Ir. Maria Ulfah Siregar, S.Kom, MIT, Ph.D dan Dr. Ir. Rudy Hartanto, M.T
  3. Sesi Best Practices Hibah Matching Fund (Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D, Prof. Dr. Kusrini, M.Kom, dan Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA)
  4. Sesi Best Practices Pengelolaan Jurnal Sinta 2 (Prof. Drs. Agus Hardjoko, M.Sc. dan Taqwa Hariguna, S.T., M.Kom., Ph.D

Ketua Umum IndoCEISS, Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D.menyampaikan bahwa kegiatan Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 ini membahas berbagai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh perguruan tinggi di berbagai daerah di Indonesia.Berbagai hal yang dibahas dalam rakernas ini akan menjadi acuan kegiatan IndoCEIS selama satu tahun kedepan.

Beragam kegiatan yang dilakukan IndoCEISS sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di Perguruan tinggi, melalui berbagai kegiatan seperti Workshop, Best Practices, kegiatan pembimbingan & penulisan proposal penelitian/Jurnal Ilmiah, dan kegiatan lainnya yang menunjang peningkatan kualitas pendidikan di perguryuan tinggi tersebut.

“Dengan Semakin bertambahnya Anggota yang bergabung dengan IndoCEISS dan dengan semakin banyaknya kegiatan dan antusiame pesertanya, membuktikan bahwa IndoCEISS semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat”, Tambah Prof. Sri Hartati.

/FRY