RAKORPIM APTISI Wilayah V dan LLDIKTI Wilayah V Bahas Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di Yogyakarta

23 March 2023 | Berita Utama

Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) APTISI Wilayah V dengan LLDIKTI Wilayah V digelar di Ruang Cinema Universitas AMIKOM Yogyakarta pada Selasa, 21 Maret 2023. Rapat koordinasi ini diadakan dalam rangka pembinaan dan evaluasi bidang mutu perguruan tinggi tahap I tahun 2023.

Acara yang dihadiri puluhan pimpinan dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas dan memperkuat bidang mutu perguruan tinggi di wilayah V.

Tema yang diangkat pada RAKORPIM APTISI Wilayah V dengan LLDIKTI Wilayah V ini adalah “Bergerak Bersama, Bekerja Bersama, Unggul Bersama”.Tema ini dilandasi dengan tema besar dari LLDIKTI WIlayah V di tahun ini yang mendorong Perguruan Tinggi untuk meraih akreditasi unggul.

Agenda Rapat Koordinasi ini menghadirkan 3 Narasumber, Yaitu : Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. (Kepala LLDikti Wilayah V), Dr. Wegig Pratama, M.Pd. (Sekretaris Umum APTISI Wilayah V), Prof. Dr. H. Muhammad Suyanto, MM (Rektor Universitas Amikom Yogyakarta)

Dalam Agenda tersebut, Kepala LLDikti Wilayah V, Prof. Aris Junaidi, memaparkan tentang capaian kinerja LLDIKTI Wilayah V pada tahun 2022 dan program kerja LLDIKTI Wilayah V pada tahun 2023. Ia juga memaparkan strategi yang dilakukan LLDIKTI untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi di wilayah V.

Sementara itu, Sekretaris Umum APTISI Wilayah V, Dr. Wegig Pratama, menyampaikan laporan pelaksanaan program kerja APTISI Wilayah V pada tahun 2022 dan rencana program 2023 APTISI Wilayah V. Rencana program tahun 2023 meliputi penerimaan mahasiswa baru bersama, peningkatan kompetensi dosen, peningkatan kompetensi manajemen perguruan tinggi, pengembangan metode pengembangan kemahasiswaan, dan peningkatan kontribusi pemikiran dan program dari APTISI.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi perguruan tinggi swasta adalah tentang Penerimaan Mahasiswa Baru, Dalam hal ini Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. M. Suyanto, berbagi tentang strategi kerjasama perguruan tinggi dan branding perguruan tinggi untuk menarik minat mahasiswa.

RAKORPIM Perguruan, APTISI Wilayah V dengan LLDIKTI Wilayah V berhasil membahas berbagai hal yang penting dalam pengembangan mutu perguruan tinggi di wilayah V. Diharapkan hasil dari rapat koordinasi ini dapat membawa dampak positif dan memberikan arah yang jelas bagi perguruan tinggi di wilayah tersebut.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Prof. Aris Junaidi dalam sambutannya di acara tersebut, dimana beliau berharap bahwa program-program kerja dari LLDIKTI Wilayah V dan APTISI Wilayah V bisa saling bersinergi satu sama lain, sehingga bisa mencapai tujuan besar bersama.