Tingkat Employability Raih Rating Bintang 5 QS Star, dan Universitas Amikom Yogyakarta mendapat peringkat 131 untuk tingkat Asia Tenggara

14 November 2022 | Berita Utama

Tingkat Kesiapan Kerja (Graduate Employability) Lulusan Universitas Amikom Yogyakarta kembali mendapat predikat tertinggi (bintang lima) dalam rating evaluasi QS Star tahun 2023. Dalam peringkat QS Star yang dirilis pada tanggal 08 November 2022, Universitas Amikom Yogyakarta mendapat peringkat 131 untuk tingkat Asia Tenggara, dan 751+ untuk tingkat Asia.

Secara keseluruhan Universitas Amikom Yogyakarta mendapatkan Rating QS Tar bintang 3 dari maksimal 5. Dimana Amikom Mendapat rating Bintang 5 untuk Kategori Employability, Bintang 4 untuk Kategori Academic Development dan Facilities, Serta rating Bintang 3 untuk kategori Teaching, Specialist Criteria: Computer Science & Information Systems, Arts & Culture, dan Innovation.

QS Stars sendiri merupakan sistem rating universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) untuk mengukur Kualitas Pendidikan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sejak tahun 2004, QS Star telah diakui secara internasional sebagai salah satu tolok ukur standarisasi kualitas dari perguruan tinggi dunia.

Untuk Kategori employability yang dimiliki Universitas AMIKOM Yogyakarta mendapat rating bintang 5 (Excellent), dimana untuk bidang ini, Universitas AMIKOM Yogyakarta dianggap oleh QS Star sudah masuk sebagai Universitas Kelas Dunia.

Tingginya Rating employability yang diraih Universitas Amikom Yogyakarta menunjukan tingginya kesempatan lulusan amikom dalam mendapatkan pekerjaan atau menjadi pengusaha setelah mereka diwisuda, beberapa poin yang dinilai dalam kategori Employability diantaranya mencakup kesiapan kerja, kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multi-budaya, dukungan layanan karir, dll.

Untuk Kategori Pengembangan Akademik dan Fasilitas yang dimiliki Universitas AMIKOM Yogyakarta mendapat rating bintang 4 (Very good), dimana di dua bidang tersebut dianggap sudah memiliki reputasi dan standard internasional dan memiliki potensi untuk tumbuh menjadi Universitas Kelas Dunia di masa yang mendatang.

Universitas AMIKOM Yogyakarta juga mendapat rating bintang 3 (Good) untuk Special Criteria: Computer Science & Information Systems. Untuk bidang ini, Universitas AMIKOM Yogyakarta menjadi salah satu dari tiga perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Rating Bintang 3 atau diatasnya, Bahkan untuk wilayah Yogyakarta, Amikom bisa dibilang sebagai perguruan tinggi terbaik versi QS Star untuk bidang Computer Science & Information Systems.

Selain untuk kategori Special Criteria tersebut, untuk Kategori Teaching, Arts & Culture, dan Innovation., Universitas AMIKOM Yogyakarta juga mendapatkan rating bintang 3 (Good), dimana untuk bidang tersebut, reputasi Amikom sudah mulai dikenal secara nasional dan mulai menarik pengakuan secara internasional.