Universitas AMIKOM Yogyakarta Juara 3 National University Debating Championship (NUDC) 2022

17 September 2022 | Berita Utama

Tim NUDC Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil menjadi Juara 3 Dalam National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2022, yang berlangsung secara hybrid di Universitas Udayana pada tanggal 11-17 September 2022.

 

NUDC merupakan Kegiatan debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. NUDC sudah berlangsung sejak tahun 2008 dan setiap tahunnya menghasilkan delegasi Indonesia untuk World Universities Debating Championship (WUDC). 

 

Dalam NUDC 2022, terdapat 894 Tim yang mendaftar pada seleksi tingkat wilayah, ada 263 Tim yang lolos ke tingkat nasional dengan jumlah peserta sebanyak 526 orang yang berasal dari 180 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. 

 

Terdapat dua kategori lomba di dalam NUDC tingkat nasional yaitu Main Draw dan Novice. Universitas Amikom Yogyakarta masuk dalam Grand Final Novice, bersama Universitas Mulawarman, Universitas Sampoerna, dan Institut Pertanian Bogor. Tim NUDC Universitas AMIKOM Yogyakarta sendiri terdiri dari 2 orang, yaitu: Cherfly Kaope (Prodi Informatika) dan Rochmatul Mala (Prodi Ilmu Komunikasi).

Mala menyampaikan bahwa mereka melalui proses yang panjang, sebelum mengikuti Grand Final NUDC. Setelah ditetapkan lolos peringkat wilayah di Rank 4, Untuk meningkatkan kemampuan speaking secara mandiri, mereka mengadakan latihan intensif bersama teman – teman anggota EDS ( English Debate Society) Amikom lainnya 3 Kali dalam Seminggu selama hampir 3 Bulan. 

 

Dalam Preliminary Round NUDC 2022, Meski sempat menemui berbagai kendala, Namun Tim Amikom berhasil lolos babak eliminasi dan Masuk Quarter Final dengan Rank 2nd Novice Category. Di Quarter Final Tim Amikom mendapatkan Rank 1 hingga lolos di Semifinal. Selanjutnya, Saat semifinal, meski sempat terkendala koneksi, namun Tim Amikom tetap gigih dan berhasil masuk ke grand final untuk kategori Novice.

 

“Semoga ini menjadi awal yang baik agar kampus mewarnai Prestasi di Bidang Debat Bahasa Inggris Nasional hingga Internasional”, Tambah Mala./Fry

Babak Grandfinal NUDC 2002 sendiri bisa disaksikan di Link berikut ini.

Sedangkan Pengumuman pemenang NUDC bisa dilihat di link berikut:

 

error: Content is protected !!