IISMA Kirim Mahasiswa Amikom Ke Universitas Groningen Belanda

5 September 2022 | Berita Utama

Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta, Nabila Syifa Nuraini berhasil terpilih sebagai salah satu Awardee Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Scholarship 2022, dan mendapatkan beasiswa untuk belajar selama satu semester di University of Groningen, Belanda.

 

Selama satu semester, Nabila akan menimba ilmu di salah satu universitas tertua di Belanda tersebut, yang telah didirikan sejak tahun 1614. Universitas yang masuk dalam “Top 100 Best Universities” ini memiliki lebih dari 36.000 mahasiswa, dimana 9000 diantaranya adalah mahasiswa internasional yang berasal dari 127 negara yang berbeda.

 

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) sendiri merupakan skema beasiswa dari Pemerintah Republik Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa untuk belajar ke universitas ternama di luar negeri dengan tujuan merasakan budaya negara tuan rumah serta melakukan tugas praktis guna meningkatkan keterampilan mereka. Beasiswa yang didapat oleh Awardee IISMA, diantaranya adalah meliputi biaya pendidikan, Transportasi, Akomodasi, Biaya hidup bulanan di negara tujuan belajar, visa, dan asuransi kesehatan.

 

Gelaran IISMA tahun 2022 ini memperoleh antusiasme yang luar biasa. Tercatat, pendaftar yang membuat akun di platform pendaftaran IISMA jalur sarjana mencapai 19.724 akun. Sementara yang melengkapi pendaftaran mencapai 7.501 mahasiswa dari 253 perguruan tinggi akademik. Untuk IISMA jalur vokasi, tercatat ada 3.512 akun pendaftaran, dan 1.209 mahasiswa dari 97 Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) yang melengkapi pendaftaran. 

 

Nabila menjadi salah satu dari 9 orang mahasiswa yang berangkat ke University of Gronigen untuk mengikuti Program tersebut. Jadi, jika ditambah dengan 11 Orang yang sudah berangkat kesana di gelombang pertama, Total mahasiswa Indonesia yang belajar di kampus tersebut selama satu semester ada 20 orang.

 

Dalam acara pelepasan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng Jakarta, Jumat (2/9/22). Ketua Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya menyampaikan bahwa selama mengikuti program ini, para awardee sebisa mungkin bisa berkumpul dan menjalin jejaring internasional dengan orang-orang dari berbagai bangsa. Beliau berharap bahwa para awardees bisa menjadi warga global. Sehingga dengan mengikuti program ini, akan lahir lulusan berjiwa pemimpin dengan wawasan global./Fry

error: Content is protected !!