Bos Perusahaan Webtoon Terbesar di Indonesia Berbagi Pengalaman dan Peluang Profesi Webtoonist di Amikom

30 September 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 20 September 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta bekerjasama dengan Huion menggelar Webtoon Seminar – Serba-Serbi Profesi Webtoonist yang berlangsung di Ruang Cinema Amikom. Acara yang dihadiri hampir 200 mahasiswa dari berbagai program studi yang ingin mengenal lebih lanjut tentang Profesi ini.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM berbagi visi besar mengenai potensi industri kreatif dan harapannya bagi mahasiswa Amikom untuk bisa bersaing di kancah global. Beliau menyoroti pentingnya kreator Indonesia untuk dapat mengembangkan cerita-cerita lokal yang mampu menarik perhatian dunia, seperti yang dilakukan Amikom di dunia animasi.

“Cerita lokal kita itu luar biasa, bahkan Hollywood kagum,” ujarnya.

Beliau mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan peluang besar di industri ini, seraya menekankan bahwa Amikom akan selalu mendukung mereka dengan fasilitas dan pembiayaan yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan di tingkat global.

Seminar yang menyoroti tentang Profesi Webtoonist ini menghadirkan General Manager Kisai Entertainment. Zaki Anvari sebagai pembicara Utama. Didirikan pada tahun 2017, Kisai Entertainmenbt adalah Rumah Produksi Webtoon yang pertama dan terbesar di Indonesia.

Zaki memperkenalkan Kisai Entertainment sebagai production house yang memproduksi webtoon dan berkolaborasi dengan kreator dari berbagai negara. Ia menjelaskan bahwa webtoon memiliki keunggulan karena format digitalnya yang lebih mudah diakses dan terjangkau dibandingkan komik cetak.

“Webtoon adalah komik digital yang dapat diakses melalui perangkat seluler, lebih murah, dan berwarna penuh, sehingga menarik bagi generasi muda saat ini,” ujar Zaki. Ia juga memaparkan perjalanan Kisai Entertainment, dari kumpulan kecil berisi 7 orang hingga menjadi perusahaan besar dengan lebih dari 250 kreator, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Zaki menambahkan bahwa salah satu visi Kisai adalah memperkuat industri webtoon di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Zaki juga memberikan motivasi bagi mahasiswa yang ingin berkarir sebagai webtoonist. “Jika kalian suka bercerita dan mengekspresikan diri melalui komik, profesi webtoonist sangat cocok untuk kalian. Ini adalah bidang yang dekat dengan hati para kreator,” katanya.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif antara mahasiswa dan Zaki, di mana para mahasiswa terlihat sangat antusias bertanya mengenai seluk-beluk menjadi seorang webtoonist dan tantangan dalam industri ini.

Fadya RY – 
Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional