Tim Universitas Amikom Yogyakarta Raih Gold Medal dan Best Project di World Youth Science Competition 2024

16 October 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 13 Oktober 2024 – Tim dari Universitas Amikom Yogyakarta kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang internasional dengan meraih Medali Emas dan penghargaan Best Project dalam World Youth Science Competition (WYSC) dan World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2024.

Ajang prestisius yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA) ini diikuti oleh 549 tim dari 16 negara, yang bersaing dalam memamerkan inovasi sains dan teknologi mereka. Penghargaan ini diberikan dalam Awarding Ceremony yang berlangsung pada Minggu, 13 Oktober 2024, di Gedung Rektorat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Yogyakarta, dan disiarkan secara daring melalui platform YouTube.

Tim Amikom meraih penghargaan tersebut melalui proyek inovatif berjudul, “Empowering Rural Youth through Digital Education: Transforming Villages into Global Innovation Hubs with Sinari Desa.” Inisiatif ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda desa melalui pendidikan digital interaktif dan pelatihan, dengan visi mengubah desa-desa menjadi pusat inovasi global.

Proyek yang telah diterapkan di Desa Dasri, Banyuwangi ini memberikan akses kepada pemuda desa untuk memanfaatkan teknologi digital, mengajari mereka keterampilan dasar hingga lanjutan dalam pengembangan aplikasi, serta membantu mereka memanfaatkan internet untuk membangun bisnis lokal. Salah satu inovasi utama dalam proyek ini adalah penerapan Internet of Things (IoT) melalui teknologi Internet Offline, yang dirancang khusus untuk mengatasi tantangan akses internet di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Dengan perangkat Internet Offline Technology (IOT) ini, pemuda desa dapat mengakses materi pendidikan secara offline, tanpa memerlukan koneksi internet, sehingga memperluas jangkauan pendidikan digital ke wilayah-wilayah terpencil yang sulit dijangkau.

Proyek ini juga menunjukkan bagaimana kolaborasi antara komunitas lokal, universitas, dan pemerintah dapat mempercepat transformasi digital di pedesaan, mempersempit kesenjangan teknologi, dan memberdayakan komunitas desa untuk bersaing di pasar global.

Tim Amikom, yang terdiri dari lima mahasiswa: Rachmat Fachrurrozi (22.83.0944), Grishandy Rifqi Ardiyanto (22.83.0906), Lingga Eka Praditya Tama (22.12.2515), Muhamad Gusbayu Aji Setiawan (22.83.0939), dan Afrian Dicky Prasetya (22.12.2590), di bawah bimbingan Anggit Dwi Hartanto, M.Kom., berhasil memukau dewan juri dengan konsep yang inovatif dan sangat relevan dengan kebutuhan global saat ini.

World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) adalah ajang internasional yang diselenggarakan oleh IYSA bekerja sama dengan UST dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Acara ini menjadi platform bagi pelajar dan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan untuk menampilkan inovasi mereka di hadapan juri-juri terkemuka. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keragaman proyek yang berdampak positif bagi perkembangan global.

Keberhasilan tim Universitas Amikom Yogyakarta di ajang ini menunjukkan kualitas dan dedikasi para mahasiswanya dalam mengembangkan solusi inovatif yang mampu memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Prestasi ini merupakan bukti komitmen mereka dalam menciptakan perubahan melalui kemajuan teknologi dan pemberdayaan digital, terutama di daerah-daerah yang tertinggal dari segi akses teknologi dan pendidikan.

Fadya RY – Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional
Koresponden: Rachmat Fachrurrozi