Universitas Amikom Yogyakarta Sambut Delegasi Internasional dalam Program – Friends of Yogyakarta 2024

7 August 2024 | Berita Utama

**Yogyakarta, 6 Agustus 2024** – Universitas Amikom Yogyakarta dengan bangga menerima kunjungan 20 delegasi dari 10 negara dalam rangka program “Friends of Yogyakarta 2024”. Program ini merupakan bagian dari kerjasama internasional Yogyakarta untuk otoritas lokal di Asia dan Oseania. Delegasi berasal dari Jepang, Korea Selatan, Australia, China, Malaysia, Singapura, Rusia, Pakistan, Tajikistan, dan Palestina, termasuk perwakilan dari lembaga asing dan kedutaan besar negara sahabat di Indonesia.

Dalam Sambutannya, Fathi Mustaqim (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DIY), menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang hangat dari Universitas Amikom Yogyakarta. Menurut beliau, Program ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Yogyakarta untuk memperkenalkan lebih dalam tentang Yogyakarta dan potensinya. Tidak hanya tentang budaya, pendidikan, atau seni, tetapi juga potensi ekonomi kreatif, khususnya di Universitas Amikom yang memiliki spesialisasi di bidang animasi, film, dan lainnya.

Program ini bertujuan untuk menciptakan diplomasi budaya dengan mitra kerja sama, serta mempromosikan potensi DIY dalam bidang budaya, pariwisata, pendidikan, ekonomi kreatif, dan industri kepada mitra internasional.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas waktu, sambutan, dan dukungan, yang diberikan untuk Friends of Yogyakarta 2024.” Ujarnya.

Wakil Rektor Iv Bidang Kerjasama & Pengembangan, Arief Setyanto, S.Si, M.T., Ph.D., mengapresiasi kunjungan dari Berbagai negara yang tergabung dalam “Friends of Yogyakarta 2024”., Beliau juga menyampaikan bahwa Amikom sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam bidang penelitian, pertukaran mahasiswa, maupun bentuk kolaborasi lainnya.

Dalam bidang penelitian, Salah satu Project terbesar yang dilakukan Amikom adalah Silvanus Project. yang didanai oleh Uni Eropa dan berlangsung dari tahun 2021 hingga 2025. Proyek ini berfokus pada pengembangan suatu jenis sensor yang berkaitan erat dengan isu kebakaran hutan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM, berbagi tentang Ekosistem Kreatif di Universitas AMIKOM Yogyakarta, dalam presentasinya yang berjudul “Culture of Creativity in Sustaining Long-term Amikom University in Seizing Creative Leadership and Ecosystem”.

“Ekosistem kami disebut Taman Ekonomi Kreatif, Kami juga berkolaborasi dengan Hollywood, Silicon Valley, Qatar, Australia, dan lainnya. Kami juga siap bernegosiasi dengan Anda jika ingin sama-sama mengembangkan Industri Kreatif”, Tambahnya.

Setelah sesi di Cinema, Para delegasi juga diajak melihat langsung ekosistem ekonomi kreatif yang ada di Universitas Amikom Yogyakarta, Seperti Studio Animasi, Studio Televisi, ISP, Radio, dll.

Universitas Amikom Yogyakarta, Selalu membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun. Kunjungan ini diharapkan akan menambah peluang untuk memperkuat hubungan antara Yogyakarta dan mitra internasional serta membuka peluang kerjasama lebih lanjut di berbagai bidang.