Pelantikan Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah V di Universitas Amikom Yogyakarta

5 August 2024 | Berita Utama

**Yogyakarta, 5 Agustus 2025** – Universitas Amikom Yogyakarta menjadi tuan rumah Pelantikan Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta yang diadakan di Ruang Cinema Universitas Amikom Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh para Pengurus APTISI dan para pemimpin perguruan tinggi swasta.

Dalam kesempatan ini, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D kembali dilantik sebagai ketua APTISI wilayah V DIY untuk Masa Bakti 2023-2027. Beliau dan Sekitar 46 pengurus APTISI Wilayah V DIY untuk Masa Bakti 2023-2027 dilantik secara sah yang ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Pengukuhan Pengurus APTISI Wilayah V DIY oleh Ketua Pengurus APTISI Pusat, Dr. Ir. H.M. Budi Djatmiko, M.Si., MEI.

Berikut adalah Kepengurusan APTISI Wilayah V DIY untuk Masa Bakti 2023-2027

Dalam Sambutannya, Ketua APTISI Wilayah V DIY, Prof. Fathul Wahid mengangkat beragam permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi swasta (PTS), termasuk tantangan dalam penerimaan mahasiswa baru serta bagaimana Peran Perguruan Tinggi Swasta dalam menjawab berbagai tantangan.

“Peran PTS tidak bisa dipandang sebelah mata. Proporsi mahasiswa Indonesia yang kuliah di PTS lebih dari 50%. Kita harus menyadarkan bahwa ada tanggung jawab negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegasnya.

Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta, Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D, mengucapkan selamat kepada Prof. Fathul atas terpilihnya kembali sebagai Ketua APTISI Wilayah V DIY. Beliau menekankan pentingnya semangat “maju bersama” dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di perguruan tinggi swasta.

Semangat untuk terus meningkatkan mutu Perguruan Tinggi ini tercermin juga dalam sambutan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM., selaku Tuan Rumah Acara tersebut. Beliau menyoroti pentingnya riset yang bisa menghasilkan nilai ekonomi sebagai nilai tambah bagi Perguruan Tinggi. Misalnya, yang dilakukan Amikom di bidang film Animasi, yang saat ini sedang dipersiapkan untuk menembus Pasar Hollywood.

“Bahkan Menurut The World University Rankings for Innovation (WURI) 2024, Amikom peringkat satu dunia dalam kategori leadership. Pencapaian ini membuktikan bahwa PTS tidak selalu kalah dengan PTN.”, Tambahnya.

Acara \ini diakhiri dengan sarasehan bersama pengurus APTISI Wilayah V DIY. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Fathul Wahid menyampaikan tantangan besar yang dihadapi PTS dalam penerimaan mahasiswa baru dan masalah ekonomi yang mempengaruhi daya beli masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua APTISI Pusat, Budi Djatmiko, juga menyampaikan roadmap pendidikan Indonesia dengan tiga poin utama: perbaikan akhlak dalam pendidikan, kepemimpinan, dan konsep pendidikan yang membahagiakan. Beliau juga menekankan pentingnya kerjasama dan transformasi ke era Industri 5.0.

“Kualitas perguruan tinggi kita masih banyak yang perlu diperbaiki. Kita harus cepat menyesuaikan diri dengan perubahan ini,” ujarnya.