Universitas Amikom dengan Bangga Melepas Rakandiya, Wisudawan periode ke – 91 dengan Prestasi Gemilang pada Program Garuda Academic and Research of Excellence

28 July 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, Juli 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta dengan bangga mengumumkan wisuda ke-91 yang dilaksanakan pada bulan Juli 2024, di mana 375 mahasiswa berhasil meraih gelar mereka. Jumlah ini terdiri dari 32 lulusan D3, 317 lulusan S1, dan 26 lulusan S2. Dengan tambahan ini, Universitas Amikom telah meluluskan total 34.416 wisudawan sejak wisuda pertama mereka.

Wisuda kali ini memiliki makna istimewa, karena Universitas Amikom akan melepas salah satu talenta terbaik bangsa, Rakandiya, yang telah diterima dalam program Combo Master-PhD di bidang Ilmu Komputer di University of Georgia, USA. Rakandiya, yang lulus dengan predikat cumlaude dan IPK 3.92, akan melanjutkan studi di bawah bimbingan Dr. Kim di lab Edge Computing dengan beasiswa  dari Amerika Serikat.

Rakandiya adalah alumni program Garuda ACE, sebuah program kolaborasi riset internasional yang didanai oleh Diktiristek dan LPDP. Selama 18 bulan mengikuti program ini, Rakandiya telah menghasilkan penelitian yang terpilih sebagai paper terbaik di “IEEE International Conference on Edge Computing and Communications (IEEE EDGE)” di China, serta menerbitkan satu paper di Jurnal Nasional SINTA 2.

Program Garuda ACE (Garuda Academic and Research of Excellence) adalah program kolaborasi riset internasional jarak jauh (remote research) di area Ilmu dan Teknik Komputer yang dikelola oleh Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, dengan dukungan dana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tujuan dari program ini yaitu membina talenta riset internasional dari mahasiswa jenjang sarjana di Indonesia sehingga dapat diterima pada berbagai perguruan tinggi top bidang Ilmu dan Teknik Komputer di dunia. Sebagai mega-project, program tersebut telah melibatkan 17 profesor dari 12 perguruan tinggi di Amerika Serikat, dan 26 dosen serta 48 mahasiswa jenjang sarjana tingkat akhir dari 8 perguruan tinggi Indonesia, yang berkolaborasi dalam 24 proyek riset internasional.

Melalui program ini, peserta diberikan beasiswa selama 1 hingga 2 tahun untuk bekerja sebagai asisten peneliti jarak jauh, dengan bimbingan dari peneliti di Amerika Serikat serta dosen lokal di Indonesia. Apabila hasil kerja mahasiswa dalam proyek riset tersebut dinilai baik dan memenuhi syarat untuk melanjutkan studi ke Amerika Serikat, mereka akan mendapatkan rekomendasi untuk mendaftar ke perguruan tinggi peringkat 75 besar di AS.

Setelah menjalani tahun pertama program, dari 48 peserta, sepuluh di antaranya telah diterima sebagai mahasiswa combo Master-PhD di universitas ternama di Amerika Serikat, dengan biaya dari perguruan tinggi tersebut melalui skema beasiswa Research Assistanship. Beasiswa yang diterima mencakup biaya kuliah, biaya hidup bulanan, dan biaya relokasi dari Indonesia ke Amerika Serikat. Kesepuluh mahasiswa tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, seperti ITB, ITS, UGM, UI, dan Amikom, serta diterima di universitas ternama di AS, seperti University of Chicago, University of Virginia, Stony Brook University, Virginia Tech, University of Georgia, University of Central Florida, dan Arizona State University. Penting untuk dicatat bahwa mereka yang lolos dari program Garuda ACE akan melanjutkan studi Master dan PhD di Amerika Serikat dengan pendanaan dari institusi Amerika. Model ini diharapkan bisa diadaptasi untuk bidang lainnya, sehingga lebih banyak talenta unggul Indonesia dapat meraih pendidikan tinggi terbaik di dunia.

Kami sangat bangga melepaskan Rakandiya untuk melanjutkan perjalanan akademik dan karirnya di Amerika Serikat. Kami berharap prestasi ini akan membuka jalan bagi talenta-talenta muda lainnya dari Indonesia, khususnya dari Universitas Amikom Yogyakarta. Pesan kami untuk Rakandiya dan semua lulusan adalah untuk terus menjaga nama baik Indonesia dan Universitas Amikom, serta menunjukkan prestasi gemilang dan kerja keras.

Dalam kesempatan ini, Prof. Setyabudi Indartono, M.M., Ph.D.,  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V, memberikan apresiasi khusus kepada Universitas Amikom Yogyakarta atas pencapaiannya yang membanggakan sebagai peringkat pertama dalam kategori Leadership pada World University Real Impact. Beliau menambahkan “ketika Universitas Amikom ini mendapatkan predikat World University Real Impact peringkat pertama, maka seluruh mahasiswa dan alumninya sudah siap menjadi seorang leader dimanapun posisi anda,” ungkap Prof. Setyabudi.

Sebagai penutup, Arief Setyanto, Ph.D., Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan, menyatakan, “Kami percaya, Indonesia emas akan terwujud jika talenta-talenta muda ini ditempa dengan kerja keras dan cerdas. Mereka adalah agen masa depan yang akan mengharumkan Indonesia di kancah internasional melalui prestasi gemilang mereka.” Beliau juga menambahkan, “Sebagai tambahan informasi, saat ini terdapat tiga mahasiswa Amikom yang sedang menerima beasiswa Garuda-ACE dan akan mendaftar ke perguruan tinggi di Amerika Serikat pada bulan Desember 2024. Kami mohon doa dan dukungan agar tahun depan, pada momen seperti ini, kami bisa melepas mereka dengan penuh sukacita untuk melanjutkan perjalanan akademik dan karir internasional mereka.”

Kontributor: Satya