Festival Budaya & Lepas Sambut Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4

28 July 2024 | Berita Utama

Universitas Amikom Yogyakarta menggelar Festival Budaya & Lepas Sambut Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 pada tanggal 25 Juli 2024. Acara yang berlangsung di kampus Amikom ini dihadiri oleh 82 mahasiswa peserta PMM 4, dosen modul nusantara, perwakilan dari PMM pusat Kemendikbudristek, serta pimpinan dan staf Universitas Amikom Yogyakarta.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, yang berlangsung dari Januari hingga Agustus 2024, adalah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Selama periode tersebut, mahasiswa melaksanakan kegiatan belajar di Universitas Amikom Yogyakarta serta mengerjakan laporan kegiatan berupa logbook mingguan sebagai bahan laporan bulanan.

Koordinator MBKM Amikom, Kusnawi, M.Kom, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu perjalanan mahasiswa PMM di Yogyakarta. Beliau juga mengapresiasi para dosen Modul Nusantara yang telah bertindak sebagai orang tua bagi mahasiswa selama di Yogyakarta.

Dr. Achmad Fauzi, S.E, M.M, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, sebagai perwakilan tuan rumah, mengapresiasi keberanian dan semangat para mahasiswa yang telah melewati berbagai tantangan selama program berlangsung. “Semoga kenangan selama di Amikom akan menjadi pelajaran berharga dan memperkaya wawasan kalian,” tambahnya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan penampilan busana adat dari 82 mahasiswa PMM 4 yang berasal dari 21 provinsi berbeda. Mahasiswa outbound yang telah menyelesaikan program pertukaran di universitas lain juga turut hadir dan memberikan sambutan.

Puncak acara adalah peluncuran buku “1000 Cerita Satu Wajah” yang berisi kisah dan pengalaman mahasiswa PMM 4 selama mengikuti program pertukaran di Universitas Amikom Yogyakarta. Acara diakhiri dengan pembacaan puisi perpisahan dan pemberian cinderamata kepada mahasiswa outbound.

Elia Putri, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta yang mengikuti PMM 4 di Universitas Hasanuddin Makassar merasa mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia. Perbedaan latar belakang menjadikan pengalaman ini makin berwarna dan penuh pembelajaran. Menurutnya, Program ini bukan hanya tentang belajar di kampus lain, tetapi juga tentang bagaimana kita beradaptasi dengan lingkungan baru, mengenal budaya lain, dan membangun persahabatan yang erat dengan teman-teman dari berbagai daerah.

Alfito Afriansyah Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Amikom Yogyakarta yang mengikuti PMM 4 di Universitas Islam Riau, menyampaikan bahwa banyak pengalaman positif yang dia dapat, Banyak belajar tentang budaya melayu, dan mengalami proses bonding yang erat dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Apriansyah Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Amikom Yogyakarta yang mengikuti PMM 4 di Universitas Tanjungpura Pontianak bercerita pengalamannya berinteraksi dengan budaya lokal dan masyarakat di Pontianak, bagaimana dia beradaptasi dengan cuaca disana, serta kesannya saat melihat langsung fenomena kulminasi matahari di Tugu Khatulistiwa.

“Pengalaman ini akan selalu menjadi kenangan yang tak terlupakan dalam perjalanan akademik dan pribadi saya.”, Tambahnya.

Festival Budaya & Lepas Sambut Mahasiswa Inbound PMM 4 di Universitas Amikom Yogyakarta berjalan sukses dan memberikan kesan mendalam bagi seluruh peserta. Acara ini tidak hanya menjadi ajang perpisahan, tetapi juga menjadi momen untuk merayakan keberagaman budaya Indonesia dan mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai daerah.

 

Berikut ini adalah video Festival Budaya dan Lepas Sambut PMM 4 di Universitas Amikom Yogyakarta: