Universitas Amikom Yogyakarta Selesaikan Proses Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi S1-Arsitektur

9 July 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 7 Juli 2024 – Program Studi S1-Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta telah menyelesaikan rangkaian kegiatan asesmen lapangan dalam rangka proses akreditasi. Kegiatan asesmen ini berlangsung dari 4 hingga 6 Juli 2024 dan dipimpin oleh dua asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu Dr. Rahadhian Prajudi Herwindo, S.T., M.T. (Universitas Katolik Parahyangan) dan Dr. Ir. Mohamad Muqoffa, M.T. (Universitas Sebelas Maret).

Selama asesmen, tim asesor melakukan berbagai kegiatan termasuk peninjauan fasilitas, diskusi pendahuluan, pembukaan asesmen lapangan (AL), pembahasan kertas kerja dengan pimpinan universitas dan program studi, serta pertemuan dengan tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan pengguna.

Dalam peninjauan fasilitas, tim asesor mengevaluasi laboratorium, ruang praktikum, serta berbagai fasilitas pendukung perkuliahan lainnya. Mereka juga menilai kurikulum, metode pengajaran, dan berbagai aspek lain yang berkaitan dengan kualitas pendidikan di program studi Arsitektur.

Di akhir proses akreditasi, Tim asesor juga menyempurnakan kertas kerja hasil wawancara dan peninjauan lapangan sebelum menyampaikan dan membacakan rekomendasi pada sesi penutupan. Salah satu saran dari asesor adalah pentingnya digitalisasi yang harus diaplikasikan ke semua bidang. Menurut para asesor, tantangan ini, jika berhasil dilaksanakan, akan menjadi kekuatan dan nilai tambah yang luar biasa bagi Prodi Arsitektur.

Dalam closing statement-nya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Achmad Fauzi, S.E., M.M., menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya atas terlaksananya asesmen akreditasi dengan baik. Beliau juga memberikan apresiasi atas arahan, masukan, saran, dan doa yang diberikan oleh para asesor kepada Universitas Amikom Yogyakarta, khususnya untuk Prodi Arsitektur.

Dengan selesainya rangkaian kegiatan asesmen ini, Universitas Amikom Yogyakarta berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan di Prodi Arsitektur, serta mencapai akreditasi yang lebih baik demi masa depan yang lebih gemilang