Asesmen Lapangan Program Studi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta

4 July 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 4 Juli 2024 – Program Studi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta baru saja menyelesaikan rangkaian asesmen lapangan dari LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi), yang berlangsung dari 1 hingga 3 Juli 2024.

Asesmen ini dipimpin oleh dua asesor dari LAMEMBA, yaitu Putu Mahardika Adi Saputra, S.E., M.Si., M.A., Ph.D dari Universitas Brawijaya dan Prof. Dr. Muryani, S.E., M.Si., MEMD dari Universitas Airlangga. Tim asesor melaksanakan serangkaian evaluasi yang mencakup tinjauan dokumen, wawancara dengan berbagai pihak di Universitas Amikom Yogyakarta, serta observasi langsung terhadap fasilitas dan proses pembelajaran di kampus.

Program asesmen lapangan ini adalah proses penilaian langsung oleh asesor yang ditunjuk LAMEMBA untuk memverifikasi dan mengklarifikasi informasi pada dokumen evaluasi diri. Kegiatan yang dilakukan selama asesmen meliputi pembukaan, verifikasi data dan informasi, observasi fasilitas, wawancara dengan stakeholder terkait, serta Focus Group Discussion (FGD). Hasil asesmen lapangan ini akan digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan peringkat akreditasi program studi, yang mencerminkan kualitas dan kesesuaian program studi dengan standar yang ditetapkan.

Dalam proses asesmen lapangan ini, Asesor banyak menyampaikan berbagai saran, masukan serta evaluasi yang konstruktif guna meningkatkan mutu pendidikan Prodi Ekonomi, baik dibidang Tatakelola, Pengembangan SDM baik Mahasiswa maupun Dosen, Kurikulum, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dll.

Ketua Program Studi Ekonomi, Anggrismono, S.E., M.Ec.Dev berharap hasil asesmen lapangan ini akan memberikan gambaran yang komprehensif tentang kualitas program studi dan menjadi dasar untuk melakukan perbaikan dan peningkatan berkelanjutan. Prodi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan, demi menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten dan siap bersaing di dunia kerja, baik di tingkat nasional maupun internasional, tetapi juga beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.