Inovasi Mahasiswa Teknik Komputer Amikom Masuk dalam Top 10 Project/Innovation for Universities dalam International Competition on Eco-Smart Innovations-Intelligence Sustainability

27 May 2024 | Berita Utama

Proyek inovasi Karya Mahasiswa Teknik Komputer Universitas Amikom Yogyakarta yang berjudul “Smart Energy Management System Analysis (SESA): Optimizing Energy Efficiency Through Internet of Things and Machine Learning Integration” berhasil masuk dalam peringkat 10 besar pada kategori Project/Innovation for Universities Ranking dalam International Competition on Eco-Smart Innovations-Intelligence Sustainability (IC-ESI’2024). Kompetisi ini diselenggarakan oleh The IEEE Egypt AP-S/MTT-S Joint Chapter.

IC-ESI’2024, yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Mei 2024 di Alexandria, Mesir, adalah kompetisi internasional yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan keberlanjutan cerdas melalui teknologi. Kompetisi ini diikuti oleh 61 peserta dari berbagai institusi, termasuk universitas, sekolah, dan perusahaan dari seluruh dunia. Total ada 17 tim yang berhasil masuk ke tahap final, termasuk proyek dari Universitas Amikom Yogyakarta.

Berikut adalah daftar lengkap Top Ten Project/Innovation for Universities Ranking dalam IC-ESI’2024:

1. “Smart Automotive with Eco Traffic Signs and Regular Signs Recognition System,” Arab Academy for Science, Technology and Maritime Transportation
2. “Enhancing Accessibility: A Smart Assistive Device for The Visually Impaired,” German International University
3. “Enhanced Performance of Photovoltaic-Thermal System,” Damietta University
4. “CubeSat for Monitoring Weather,” Faculty of Navigation Science and Space Technology – Benisuef University
5. “Household Robot (PLOTO),” Alexandria University
6. “The Art of Vehicular Hacktivism, Hacking Remote Keyless Systems & Confronting Criminals,” Pharos University
7. “Smart Energy Management System Analysis (SESA): Optimizing Energy Efficiency Through Internet of Things and Machine Learning Integration,” Universitas Amikom Yogyakarta, Indonesia
8. “Integrated Medical Care,” ECE Department – Nile Higher Institute of Engineering and Technology
9. “Vehicle Live Tracking System,” Higher Institute of Engineering & Technology King Marriott Alexandria
10. “Microchip Rectangular Patch Antenna with Diamond Inset for IoT Applications,” Technical University of Kenya

Proyek “Smart Energy Management System Analysis (SESA): Optimizing Energy Efficiency Through Internet of Things and Machine Learning Integration” ini dikembangkan oleh beberapa mahasiswa Teknik Komputer Universitas Amikom Yogyakarta, yaitu: Dian Prasetya (21.83.0712), Jhingga Mahadhni (21.83.0742), Muhammad Alfahri Solehan (21.83.0679), Muhammad Naufal Hakim (22.83.0897), dan Muhammad Dava Ramadhan (21.83.0597).

Smart Energy System Analysis (SESA) dirancang sebagai solusi inovatif yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dan Deep Learning. SESA memberikan pemantauan real-time terhadap penggunaan perangkat elektronik di bangunan, memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan konsumsi energi secara otomatis dan mengurangi emisi karbon rumah kaca. SESA juga relevan dengan tiga pilar dekarbonisasi  yaitu efisiensi energi, dekarbonisasi di sektor kelistrikan, dan regulasi elektrifikasi pada end-uses, serta mendukung beberapa Sustainable Development Goals (SDG) Indonesia dengan meningkatkan efisiensi energi, mengurangi dampak lingkungan, dan mendukung konsumsi yang bertanggung jawab.

Kompetisi IC-ESI’2024 didukung oleh IEEE AP-S dan MTT-S societies yang memberikan dukungan teknis untuk kompetisi ini. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong kreativitas, pemikiran disruptif, dan pengenalan peluang di tengah tantangan global dengan tema “Create the Future”.

Prestasi ini sendiri merupakan kontribusi nyata dalam menciptakan lingkungan yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Universitas Amikom Yogyakarta akan terus mendukung pengembangan inovasi dan penelitian di bidang teknologi untuk menjawab tantangan masa depan.

 

Koresponden : Jeki Kuswanto

Redaksi Note : Informasi terkait Publikasi Kegiatan di amikom.ac.id bisa Menghubungi Rk (0851.5536.9393)