Amikom Student Branch Raih Hibah 500 USD dari IEEE untuk Program Inovatif

6 March 2024 | Berita Utama

 

Perwakilan dari Amikom Students Branch (ASB) berhasil meraih dana hibah sebesar 500 USD untuk pengembangan Game Multiplayer Kuis (GAMUKIS) berbasis website kepada siswa SMA Negeri 1 Cangkringan dalam meningkatkan semangat belajar. Pada Jumat, 1 Maret 2024 secara resmi diumumkan terkait penerima hibah dari IEEE berdasarkan IEEE STEM Grant Program.

Program inovatif ini diketuai oleh Dhanu Ahsan Fatih, NIM 21.61.0216 prodi Bachelor of Informatics, yang juga merupakan ketua dari Amikom Students Branch. Adapun proposal yang masuk ke IEEE berjumlah 462 dari seluruh region IEEE di seluruh dunia, namun yg berhasil mendapatkan hibah hanya 53 proposal dan salah satunya proposal dari IEEE Amikom Student Branch.

53 proposal yang terpilih tersebut total mendapatkan hibah dengan total sebesar **$60.298**. Hibah yang diberikan dikategorikan ke dalam beberapa tingkatan berikut ini:

– Tingkat Inspire (penerima mendapat $1.001 sampai $2.000) – 20 program diberikan dengan total $37.030
– Tingkat Share (penerima mendapat $501 sampai $1.000) – 17 program diberikan dengan total $15.669
– Tingkat Introductory (penerima mendapat maksimal $500) – 16 program diberikan dengan total $7.599

Apa itu IEEE Amikom Students Branch?

IEEE Amikom Students Branch merupakan bagian dari Cabang Mahasiswa IEEE yang berada di Amikom. Untuk memperoleh informasi terbaru IEEE Amikom Students Branch bisa langsung kunjungi official instagram kami di [https://www.instagram.com/ieeeamikom](https://www.instagram.com/ieeeamikom). Jika ingin update informasi kegiatan IEEE Student branch di seluruh dunia, dapat akses website resmi IEEE berikut  [https://students.ieee.org/student-branches/](https://students.ieee.org/student-branches/).

Apa itu IEEE STEM Grant Program?

Program yang dirancang untuk memacu penjangkauan dan inovasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan menyediakan dana kepada relawan IEEE untuk mengembangkan program STEM baru atau meningkatkan (atau mempertahankan) program yang sudah ada sehingga dapat Share (Berbagi), Give Back (Memberi Kembali) and Inspire (Menginspirasi). Yang mana TryEngineering.org sebagai rumah bagi para sukarelawan yang berkomitmen untuk menginspirasi generasi insinyur berikutnya.

Ada 3 tingkat pendanaan yang tersedia, antara lain :

Inspire Level : 1001 – 2000 USD (minimal 5 hibah tersedia)
Share Level : 501 – 1000 USD (minimal 10 hibah tersedia)
Introductory Level : Hingga 500 USD (minimal 15 hibah tersedia)
Info lebih lanjut bisa cek disini
[https://tryengineering.org/volunteer-stem-portal/stem-portal-grant/](https://tryengineering.org/volunteer-stem-portal/stem-portal-grant/)

Program ini pun melibatkan siswa, guru, orang tua, dan relawan di seluruh dunia, memberikan peluang untuk paparan, pembelajaran, dan pelatihan STEM. Program hibah tahun 2021, 2022, 2023, dan 2024 digabungkan mendanai 144 program, memberikan lebih dari 176,379 USD, dan mewakili 6 Wilayah IEEE.

Selengkapnya, pengumuman penerima hibah bisa dilihat disini

[https://tryengineering.org/volunteer-resources/stem-outreach-fundraising/ieee-pre-university-stem-grant-recipients-2024/](https://tryengineering.org/volunteer-resources/stem-outreach-fundraising/ieee-pre-university-stem-grant-recipients-2024/)**