Universitas Amikom Yogyakarta Raih posisi 21 dunia dalam Top Industrial Application World’s Universities with Real Impact (WURI).

29 December 2023 | Berita Utama

Universitas Amikom Yogyakarta kembali mendapat penghargaan dunia dari World’s Universities with Real Impact (WURI). Menurut pengumuman resmi WURI 2022, Universitas Amikom Yogyakarta meraih posisi 21 dunia dalam daftar Top 50 Industrial Application. Ranking ini Naik 9 Tingkat, dari tahun sebelumnya.

Sejak Tahun 2021, Peringkat Universitas Amikom Yogyakarta sendiri selalu naik tiap tahunnya. Pada tahun 2021, Universitas AMIKOM Yogyakarta menempati peringkat 33 di WURI. Di tahun 2022, Pringkatnya kembali naik empat peringkat menjadi peringkat 29. Lalu di Tahun 2023 ini, Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil mencapai prestasi tertingginya dengan menempati peringkat 21 Dunia.

WURI atau World’s Universities with Real Impact sendiri merupakan sebuah sistem peringkat universitas internasional yang menilai perguruan Tinggi dari kontribusi nyata terhadap masyarakat luas, khususnya pada pendekatan kreatif dan inovatif di bidang penelitian dan inovasi. Salah satu kategori yang digunakan adalah Industrial Application, yang mengukur sejauh mana universitas mampu meluluskan mahasiswa yang siap bekerja, bermitra dengan industri, dan menghasilkan inovasi yang berguna untuk industri.

WURI Sendiri menyoroti tentang berbagai permasalahan yang muncul dalam model evalusi perguruan tinggi saat ini. Salah satunya yang paling menjadi masalah adalah tentang pertentangan antara proses akademis tradisional dengan Proses akademis yang bisa memberikan dampak nyata untuk dunia.

Terdapat 6 Kategori dalam WURI 2023, yaitu: Industrial Application, Entrepreneurial Spirit, Ethical Value, Student Mobility and Openness, Crisis Management dan Fourth Industrial Revolution

Salah satu faktor yang membuat Universitas AMIKOM Yogyakarta unggul di kategori Industrial Application adalah keberhasilannya dalam mengembangkan Film Animasi Global yang berisi cerita budaya di Indonesia.

Menurut WURI, Universitas Amikom Yogyakarta memiliki sumber daya manusia yang unggul dalam mengembangkan Film Animasi Global yang berisi cerita budaya di Indonesia. Ada konsentrasi bidang yang mempelajari pembuatan film animasi dari pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Selain itu, ada juga laboratorium pengembangan film animasi. Sumber daya yang tersedia menarik perhatian para ahli film animasi Hollywood, sehingga membuka peluang untuk memasarkan film animasi secara global.

Berikut ini adalah peringkat Top 50 Industrial Application ari World’s Universities with Real Impact (WURI)