AMICTA 2023 ~ ICT untuk Indonesia Melesat Maju

15 July 2023 | Berita Utama

Yogyakarta, 15 Juli 2023 – Kompetisi ICT AMICTA 2023 Kembali digelar pada tanggal 15 Juli 2023 di Ruang Cinema AMIKOM. Dengan tema “ICT untuk Indonesia Melesat Maju” kompetisi ini menampilkan bakat-bakat muda dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang mampu menciptakan inovasi-inovasi yang luar biasa untuk kemajuan Indonesia.

AMICTA 2023 menjadi ajang yang dinanti-nantikan oleh para pelaku industri dan akademisi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Terdapat 9 kategori yang memperebutkan penghargaan dalam kompetisi ini, yaitu Media Pembelajaran AR/VR, Video & Animasi, Aplikasi Sistem Informasi, UI/UX Design, Bisnis Digital, Pengembangan Game, Keamanan Cyber, AI dan IoT, serta Pemrograman.

Proses AMICTA dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang melibatkan lebih dari 1000 Talent dalam prosesnya.Rangkaian kegiatan tersebut meliputi Launching AMICTA, seminar AMICTA, Hackathon, Bootcamp, pameran inovasi, dan puncak acara pada Inaugurasi AMICTA 2023 yang diadakan hari ini (15/7).

Total lebih dari 315 tim telah mendaftar dan berpartisipasi dalam 9 kategori yang tersedia. Setelah melalui proses Penjurian yang ketat, Terpilih 27 Pemenang AMICTA 2023, dengan rincian sebagai berikut:

Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Hanif Al Fatta,S.Kom., M.Kom, memberikan apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan AMICTA. Beliau menyatakan bahwa inovasi-inovasi yang dipamerkan selama eksibisi melebihi harapannya. Dekan juga berharap agar para pemenang AMICTA 2023 tidak berpuas diri dengan pencapaian ini saja, melainkan mengambil kesempatan untuk berpartisipasi dalam ajang-ajang tingkat nasional seperti Gemastik, Identik, atau INAICTA, dll yang menuntut persiapan yang lebih matang lagi.

Sementara itu, Prof. Suyanto, Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, menyampaikan bahwa prestasi dan karya dapat membawa mahasiswa mengelilingi dunia. Universitas AMIKOM siap mendukung mereka yang ingin terus berjuang dan mengukir prestasi di ajang yang lebih tinggi. Rektor juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang kompetisi, sambil berharap agar mereka terus meraih kesuksesan yang lebih besar di masa depan dan menemukan kebahagiaan yang abadi.

Kompetisi ICT AMICTA 2023 di Universitas AMIKOM Yogyakarta telah menunjukkan potensi dan bakat luar biasa dari generasi muda Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan kompetisi ini akan terus menjadi ajang yang mendorong inovasi, kolaborasi, dan perkembangan teknologi di Indonesia.