ROADSHOW IDENTIK 2023 – Collaborate To Grow Stronger – Road to AICTA

5 May 2023 | Berita Utama

Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) menyelenggarakan acara ROADSHOW IDENTIK 2023 – COLLABORATE TO GROW STRONGER – Road to AICTA Thailand 2024 pada Kamis, 4 Mei 2023 di Ruang Cinema Universitas AMIKOM Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh sekitar 150 peserta, baik secara luring maupun daring melalui aplikasi Zoom.

Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) merupakan ajang kompetisi TIK tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, bertujuan untuk menggali potensi karya anak bangsa dibidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Karya terpilih nantinya akan mewakili Indonesia mengikuti ajang kompetisi di tingkatan regional yaitu ASEAN ICT Award (AICTA). 

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY Yogyakarta, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho, S.I.P., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa kompetisi ini merupakan ajang yang baik untuk menggali potensi-potensi yang ada di DIY sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Selanjutnya, Ketua Dewan Juri IdenTIK 2023, Prof. Dr. Ir. Eko K. Budiardjo M.Sc, juga memberikan sambutannya dan menyampaikan tentang berbagai unsur-unsur yang akan dinilai dalam proses penjurian Identik, serta tahapan yang akan dilalui selama proses penjurian. Beliau mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dan mengirimkan karya terbaiknya di Kompetisi Identik ini.

Selain itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Drs. Bambang Sudaryatno, sebagai Tuan Rumah dan perwakilan Universitas AMIKOM Yogyakarta, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara Identik 2023 di Universitas Amikom Yogyakarta. Beliau juga memberikan apresiasinya karena banyak mahasiswa yang dulunya berprestasi dalam ajang ini yang sekarang menjadi dosen di Amikom, dan bisa membagikan pengalamannya untuk berkompetisi hingga ke ajang internasional ke para mahasiswanya.

Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto. M. Eng, Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyampaikan secara online via Zoom, mengapresiasi beberapa inovasi mahasiswa Amikom seperti Usman, Smart Terminal, dan Sutasoma, yang menjadi solusi bagi masyarakat. Menurutnya, Identik membantu membangun jiwa entrepreneur mahasiswa, dimana mereka dituntut untuk tidak hanya mencari pekerjaan, tapi membuka lapangan kerja. Berangkat dari permasalahan yang ada, mereka akan mencari solusi yang tepat, berbasis teknologi, dan memberikan nilai lebih bagi masyarakat

Agenda tersebut dilanjutkan dengan paparan tentang Literasi digital yang disampaikan oleh Niki Maradona (Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pemerintahan  Direktorat Pemberdayaan Informatika Kominfo). Beliau menyampaikan tentang pentingnya literasi digital, agar kita bisa membuat gelombang konten positif yang tidak asal viral, namun juga bisa berdampak positif bafi masyarakat.

Selanjutnya, Acara dilanjtkan dengan Talkshow yang menghadirkan 4 orang panelis utama, yaitu: Shita Laksmi – Juri Kategori Public Sector IdenTIK 2023, Partono Rudiarto – Juri Kategori Private Sector IdenTIK 2023, Faris Naufal Rahman (PEDULI LINDUNGI/SATU SEHAT) Karva terpilih ke-1 IdenTIK 2022 – Kategori Public Sector, dan Hary Ramdhana Nasution (VIRA EXPOIR) Karya terpilih ke-2 IdenTIK 2022 pada Kategori Inovasi Teknologi Konten Digital. 

Dalam Talkshow tersebut, mereka banyak menjelaskan tentang apa itu Identik  2023, Bagaimana syarat dan ketentuan karya dari setiap kategori IdenTIK serta bagaimana cara mencari ide dan mengolahnya agar bisa menjadi sebuah karya.

Di tahun 2023 ini, sebanyak 3 (tiga) karya TIK terbaik di setiap kategori akan ditetapkan sebagai Karya Terpilih IdenTIK. Kemudian, para karya terpilih akan memperoleh pembinaan serta pelatihan dari para juri IdenTIK dalam rangka menghadapi kompetisi regional ASEAN ICT Awards (AICTA) pada tahun 2024 mendatang.

Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) merupakan kompetisi tahunan untuk menjaring karya dan produk TIK sebagai wakil terbaik dari indonesia untuk bersaing dengan 9 negara lain dalam ajang kompetisi di tingkat ASEAN yakni ASEAN ICT Award. Penghargaan tingkat ASEAN itu merupakan proyek prestius yang disepakati oleh para menteri ICT di negara negara ASEAN sebagai indikator perkembangan tingkat inovasi dari setiap negara. Ada enam kategori yang dikompetisikan antara lain  Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Digital Inclusivity, Digital Start-up dan Digital Innovation.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran Seleksi Nasional Produk TIK “IdenTIK” 2023 dapat mengunjungi website www.identik.id atau Instagram @identik_kominfo.