Program Studi Sistem Informasi Raih Akreditasi Unggul

23 April 2023 | Berita Utama

Program Studi sistem informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil mendapatkan Akreditasi Unggul oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Informatika dan Komputer (LAM Infokom). Akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pemberian Akreditasi Unggul ini didasarkan pada Surat Keputusan LAM Infokom nomor 029/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/IV/2023, yang ditandatangani oleh Prof. Drs. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D., selaku Ketua Dewan Eksekutif LAM Infokom pada tanggal 3 April 2023. Akreditasi ini berlaku selama 5 tahun, dari 3 April 2023 hingga 3 April 2028.

LAM INFOKOM merupakan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer yang mencakup bidang ilmu seperti Ilmu Komputer/Informatika, Kecerdasan Buatan, Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Sistem Komputer (Teknologi Komputer/Teknik Komputer/Elektronika Instrumentasi), Sistem Informasi (Manajemen Informatika, Sistem Informasi Akuntansi/Komputerisasi Akuntansi), Sistem dan Teknologi Informasi, serta Teknologi Informasi.

Proses akreditasi dari LAM INFOKOM ini sendiri berlangsung melalui beberapa tahapan yang cukup intens, yaitu dari tahap penerimaan berkas pengajuan akreditasi program studi, penilaian asesmen kecukupan, dan penilaian asesmen lapangan.

Terdapat 3 tingkat Peringkat Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi yaitu: Unggul, Baik Sekali dan Baik. Program Studi sistem informasi berhasil mendapatkan Akreditasi tertinggi, yaitu Unggul, setelah mendapat skor 365 dari LAM Infokom.

Ada beberapa syarat untuk mendapatkan predikat akreditasi unggul, di antaranya terdapat bukti yang sahih terkait praktik baik pengembangan budaya mutu di perguruan tinggi,perolehan status akreditasi program studi, efektivitas pelaksanaan, dan jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir, menjadi kunci dalam meraih predikat Akreditasi Unggul. Jika ada salah satu syarat tidak terpenuhi, peringkat yang akan diperoleh adalah Baik Sekali.

Ketua Program Studi Sistem Informasi, Anggit Dwi Hartanto, M.Kom., menyampaikan rasa syukurnya dan bangganya atas pencapaian yang diraih oleh Program Studi Sistem Informasi yang berhasil mendapatkan Akreditasi Unggul ini,

Menurut beliau, Pencapaian ini adalah potret kerja kita selama ini yang selalu menerapkan framework PPEPP pada setiap standar yang ditetapkan. selain itu yang perlu digaris bawahi adalah Program Studi Sistem Informasi telah menerapkan kurikulum OBE yang telah menjadi standar basis kurikulum Pendidikan di berbagai negara maju.

“Pencapaian ini akan menjadi batu loncatan yang sangat baik untuk menuju akreditasi internasional. Kami berkomitmen akan selalu memberikan Pendidikan yang berkualitas untuk mahasiswa”, Tambahnya.