Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta diundang sebagai Panelis B20 Investment Forum

9 November 2022 | Berita Utama

Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM. diundang oleh KADIN Indonesia untuk menjadi panelis dalam B20 Investment Forum. Agenda ini sendiri merupakan salah satu dari rangkaian B20 Summit Indonesia 2022, yang terdiri dari Investment Forum, Net Zero Summit MoU Signings, B2B Business Matchmaking.

Puncak kegiatan presidensi Business 20 (B20) Indonesia 2022 akan digelar pada 13-14 November di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. Nama-nama penting juga dikabarkan akan hadir sebagai pembicara di 20 Summit Indonesia 2022.

CEO Tesla Inc.dan Owner Twitter Elon Musk dijadwalkan akan akan menjadi pembicara B20 Summit Indonesia 2022 bersama dengan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin, Anindya Bakrie.

Selain itu B20 Indonesia 2022 juga mengumumkan akan hadir pendiri dan Ketua Eksekusi Institute for Global Change, Tony Blair, CEO Unilever, Alan Jope, dan Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan, Bank Dunia, Mari Elka Pangestu, Direktur Pelaksana Global, McKinsey & Company Bob Sternfels, CEO Manulife, Roy Gori dan Presiden Freeport-McMoRan, Kathleen L. Quirk.

Prof. Dr. M. Suyanto, MM sendiri menjadi Panelis B20 Investment Forum dalam Special Stage Ministry of Tourism and Creative Economy Indonesia, dengan tajuk “Going Forward : The Creative Economy is Become A New Economic Driver”, Yang diadakan di Room Kintamani 7 Bali Nusa Dua Convention Center Pada tanggal 11 November 2022.

B20 Investment Forum sendiri merupakan exclusive networking forum untuk menghubungkan komunitas bisnis negara G20 melalui forum diskusi proyek. Dalam Investment Forum, B20 akan menggelar pertemuan bisnis antara investor dengan mitra lokal untuk business matching serta melakukan kunjungan ke daerah yang terdapat proyek strategis nasional agar menarik minat investor.

Prof. Suyanto mengisi panel tersebut bersama Muhammad Neil El Himam, M.Sc (Deputi Bidang Ekonomi Digital & Produk Kreatif Kemenparekraf) dan David Santosa (CEO PT. Intelegensia Grahatama), dengan Ketua PARFI, Marcella Zalianty, bertindak sebagai Moderator.

Forum ini juga mengundang pengelola dari 6 special economic zone (SEZ), yaitu: SEZ Morotai, SEZ Tanjung Lesung, SEZ Tanjung Kelayang, SEZ Mandalika, SEZ Singhasari, SEZ Likupang, SEZ Lido, dan SEZ Nongsa. Selain itu mereka juga mengundang 3 Dewan Otoritas Pariwisata, yaitu: Borobudur Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Dalam Forum tersebut, Rencananya Prof. Suyanto akan menyampaikan presentasinya yang bertajuk “Going Forward: The Animated Film as A New Economic Driver”. Topik yang disampaikan tersebut akan mengangkat tentang bagaimana riset dalam bidang film animasi bisa menjadi penggerak ekonomi baru di masa yang mendatang.

Selain menunjukan potensi bisnis Film Animasi, Beliau juga menyampaikan berbagai strategi yang perlu dilakukan untuk menembus pasar film terbesar di dunia, Hollywood.

Dalam Sambutannya, Ketua Steering Committee (SC) B20 Indonesia dan WK Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional, Bernardino M. Vega menyampaikan bahwa B20 Indonesia memiliki Legacy Programs yang bukan hanya berupa rekomendasi, tapi juga aksi konkret sekaligus menjadi inisiatif berkelanjutan untuk rangkaian B20 selanjutnya.

“Ini merupakan bagian dari sosialisasi yang juga kami lakukan sebelum B20 Summit melalui rangkaian roadshow ke sejumlah negara untuk menjajaki peluang investasi dan meningkatkan kerja sama bilateral di bidang investasi dan perdagangan”, tambahnya