[Visiting Profesor] Studium General Prodi Kewirausahaan ~ Future Business

20 October 2022 | Berita Utama

Hari terakhir Program Visiting Professor kerjasama antara Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia, dilakukan dengan agenda Studium General “Future Business”, bekerjasama dengan Program Studi Kewirausahaan (12/10). Hadir sebagai dosen tamu, Penolong Naib Canselor Kolej Pengajian Seni Kreatif Universiti Teknologi Mara, Malaysia, Prof. Dr. Hj. Zaini Abdullah dalam agenda yang dilaksanankan di Ruang Cinema amikom tersebut.

Dalam sambutannya, Kaprodi Kewirausahaan, Suyatmi, S.E., M.M menyampaikan tentang perkembangan Program studi kewirausahaan di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Beliau menyampaikan berbagai kegiatan entrepreneur yang berlangsung di amikom, termasuk kiprah mahasiswa dan alumni amikom yang sudah menjadi pengusaha.

“Future Business” menjadi topik yang diangkat oleh Prof. Zaini dalam studium general yang dipenuhi oleh mahasiswa program studi kewirausaan tersebut. Beliau menjelaskan berbagai kegiatan wirausaha yang dilakukan di malaysia.

UITM sendiri memiliki pusat pembangunan usahawan, yang dikenal sebagai Malaysian Academy of SME & Entrepreneurship Development (MASMED). Dalam kesempatan tersebut, Prof. Zaini menjelaskan berbagai program dan inisiatif yang dirancang oleh MASMED, terutama yang melibatkan mahasiswa.

Selain itu di Malaysia juga terdapat program pelatihan kewirausahaan unik yang disebut dengan Tunas Mekar. Program ini merupakan konsep kemitraan antara lulusan, pengusaha dan dosen UiTM. Mereka yang berminat menjadi pengusaha, akan diseleksi menjadi konsultan kerja dengan pengusaha industri UKM. Nantinya mereka akan ditempatkan dengan pengusaha selama satu sampai dua tahun untuk membantu pengusaha dan mendapatkan pengalaman praktis tentang usaha tersebut.

Perkembangan zaman yang semakin digital, serta semakin luasnya penggunaan teknologi disekitar kita akan membuka juga berbagai peluang bisnis di masa mendatang. Menurut beliau beberapa bisnis yang diperkirakan akan berkembang di masa depan, seperti: Industri Internet of Things, 3D Printing, Courier Services, Translating Services, dll.

“Lulusan Entrepreneur dapat menciptakan berbagai bisnis baru dengan menggapai kesempatan yang ada saat ini”, Tambahnya.

Berikut ini adalah livestream Stadium General “Future Business”