[Visiting Profesor] Studium General Prodi Akuntansi ~ Accounting in Society Era 5.0

20 October 2022 | Berita Utama

Acara Dies Natalis Universitas AMIKOM Yogyakarta yang Jatuh pada tanggal 11 Oktober, dimeriahkan juga dengan acara Visiiting Profesor berupa Stadium General “Accounting in Society Era 5.0” bersama dengan Penolong Naib Canselor Kolej Pengajian Seni Kreatif Universiti Teknologi Mara, Malaysia, Prof. Dr. Hj. Zaini Abdullah. Agenda yang berlangsung di Ruang Cinema Amikom ini merupakan hasil kerjasama antara Program Studi Akuntansi Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan Universiti Teknologi Mara, Malaysia.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Akuntansi, Widiyanti Kurnianingsih, S.E., M.Akt., Ak., CA., menyampaikan bahwa Studium general ini merupakan salah satu usaha Prodi Akuntansi dalam menyiapkan Mahasiswanya dalam menghadapi perkembangan teknologi di era yang semuanya serba digital ini

“Semoga dengan mengikuti Studium general ini, Mahasiswa bisa menambah wawasan dan menyiapkan kesiapan mahasiswa agar mereka mahir dan siap menghadapi era society 5.0” Katanya.

Dalam agenda tersebut, Prof. Zaini berbagi wawasan bagaimana peran akuntansi di era Society 5.0, dimana merupakan sebuah sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Pada era ini, Masyarakat akan berpusat pada mereka yang mampu menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan berbagai tantangan dan permasalahan sosial yang ada.

Beberapa Skil yang dibutuhkan dalam menghadapi era Society 5.0, diantaranya adalah Skil Sosial (Koordinasi. Negosiasi, persuasi, dll), Skill Memproses (Mendengar Aktif, logical thinking. self mentoring), Sistem Skill (Kemampuan mengambil keputusan berdasarkan analisis Cost Benefit) dan Skil Kognitif ( Cognitive flexibility. creativity. logical reasoning, problemsensitivity and visualization)

“Reformasi sosial dalam masyarakat 5.0 akan tercapai ketika masyarakat berwawasan ke depan mampu memecah stagnasi yang ada, serta masing-masing saling menghormati satu sama lain, Sehingga mereka dapat menjalani kehidupan secara aktif dan menyenangkan”, Tambahnya.

Berikut ini adalah livestream Stadium General “Accounting in Society Era 5.0”