Mahasiswa Prodi Geografi Amikom Juara 3 dalam Satu Peta Video Competition

6 October 2022 | Berita Utama

3 Orang Mahasiswa Prodi S1-Geografi Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil menjadi Juara 3 dalam Lomba Video Competition yang diadakan oleh Kemenko Perekonomian dan Sekretariat Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP). Pengumuman pemanang diumumkan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kebijakan Satu Peta yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta pada Selasa (4/10),

Rakernas ini juga merupakan langkah koordinasi dan konsolidasi konkret di tingkat Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam rangka pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1: 50.000.

Pada pembukaan Rakernas tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan tentang penting dan strategisnya Kebijakan Satu Peta dalam mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan nasional yang berkeadilan melalui pertumbuhan dan pemerataan ekonomi secara nasional yang berkelanjutan.

Menko Airlangga mengapresiasi kinerja Badan Informasi Geospasial (BIG) yang telah menyelesaikan 97% dari 158 peta tematik. Beliau juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian Rakernas Kebijakan Satu Peta yang juga melibatkan para mahasiswa.

Salah satu rangkaian Kegiatan Acara Rakernas Kebijakan Satu Peta adalah Poster and Video Competition yang diperuntukkan bagi mahasiswa/i jentang Diploma dan Strata-1 (S1) di seluruh Indonesia. Tema yang diangkat dalam kompetisi tersebut adalah “Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Guna Memperkuat Pembangunan Nasional Berbasis Spasial”. Terdapat 3 subtema yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu:

1. Kebijakan Satu Peta dalam Mendorong Kepastian Berinvestasi
2. Kebijakan Satu Peta dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur
3. Peran Kebijakan Satu Peta dalam Mendukung Ekonomi Digital

Pada setiap kategori akan ada 3 pemenang. Khusus finalis TOP 3, akan diundang langsung untuk hadir di acara puncak Rakernas Kebijakan Satu Peta untuk menerima penganugerahan langsung dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dr H Airlangga Hartarto.

Dalam kompetisi tersebut, Tim Universitas Amikom Yogyakarta, yang terdiri dari Iwang Welly Anggora, Restu Pringgondani, dan Fahmi Miftahul Huda., mengangkat subtema Kebijakan Satu Peta dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur, dimana dalam videonya berisi paparan informatif tentang kebijakan satu peta yang bisa jadi perencanaan pembangunan nasional yang lebih terarah, merata dan sesuai dengan potensi wilayahnya masing-masing.

Ketua Program Studi, Fitria Nucifera, S.Si., M.Sc. sangat mengapresiasi prestasi mahasiswa Prodi Geografi tersebut. Beliau menyampaikan bahwa Prodi sangat mendukung kontribusi mahasiswa dalam percepatan pembangunan nasional berbasis spasial. Mahasiswa Geografi Amikom dibekali dengan kemampuan dokumentasi permasalahan geografi dalam bentuk audio visual sehingga diharapkan mampu menggambarkan informasi geospasial dengan lebih baik.

“Kami berharap kedepannya akan lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional khususnya dalam peningkatan literasi geospasial.”, Tambahnya.