Universitas Amikom Yogyakarta Raih Peringkat 29 Dunia Dalam World Universities with Real Impact 2022

24 June 2022 | Berita Utama

Universitas Amikom Yogyakarta berhasil kembali meraih pengakuan internasional dari World’s Universities with Real Impact (WURI). Berdasarkan rilis resmi WURI 2022, Universitas Amikom Yogyakarta berhasil mendapatkan peringkat 29 dunia, untuk kategori Industrial Aplication. Ranking Universitas Amikom Yogyakarta ini sendiri Naik 4 Tingkat, dari tahun 2021 yang menempati peringkat 33.

 

WURI atau World’s Universities with Real Impact sendiri merupakan sebuah sistem peringkat universitas internasional yang menilai perguruan Tinggi dari kontribusi nyata terhadap masyarakat luas, khususnya pada pendekatan kreatif dan inovatif di bidang penelitian dan inovasi.

 

Terdapat 3 kriteria penilaian yang menjadi fokus dari Juri WURI 2022, yaitu : Seberapa Inovatif konten dan proses tersebut? Apakah Inovasi tersebut bisa di implementasikan ke dalam hasil nyata? serta seberapa luas dan intensifnya dampak dari produk yang dihasilkan oleh inovasi tersebut.

 

WURI Sendiri menyoroti tentang berbagai permasalahan yang muncul dalam model evalusi perguruan tinggi saat ini. Salah satunya yang paling menjadi masalah adalah tentang pertentangan antara proses akademis tradisional dengan Proses akademis yang bisa memberikan dampak nyata untuk dunia.

 

Pengumuman Peringkat WURI 2022 sendiri berlangsung melalui konferensi online yang disiarkan dari Seoul, Korea Selatan pada tanggal 9 Juni 2022. Berikut ini adalah Video rekaman ulang Konferensi WURI 2022, yang bersumber dari https://www.wuri.world/%EB%B3%B5%EC%A0%9C-wuri-online-conference-2021

 

 

Terdapat 6 Kategori dalam WURI 2022, yaitu: Industrial Application, Entrepreneurial Spirit, Ethical Value and Social Responsibility, Student Mobility and Openness, Crisis Management dan Fourth Industrial Revolution

 

Selain berhasil menempati peringkat 29 untuk kategori Industrial Aplication, Universitas Amikom Yogyakarta juga berhasil meraih Peringkat 44 Untuk Kategori Ethical Value and Social Responsibility serta Peringkat 43 untuk kategori Fourth Industrial Revolution. Tidak hanya itu, Peringkat Universitas Amikom Yogyakarta dalam Global Top 200 Innovative Universities Dunia, naik drastis 60 tingkat, dari sebelumnya di ranking 172 menjadi 112.

 

Untuk bidang Industrial Application, Amikom dinilai Bagus dalam menerapkan Pendekatan yang lebih relate dengan dunia industri, dibandingkan hanya sekedar untuk riset dan pembelajaran dengan metode tradisional. (https://www.wuri.world/%EB%B3%B5%EC%A0%9C-2021-top-50-industrial-application)

 

Dalam Kategori Ethical Value, Amikom dinilai tidak hanya fokus ke pengembangan skill dan knowledge saja, namun juga nilai-nilai etika, integritas dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

(https://www.wuri.world/%EB%B3%B5%EC%A0%9C-2021-top-50-ethical-value)

 

Sedangkan untuk Kategori Fourth Industrial Revolution, Inovasi yang dikembangkan Amikom dinilai memanfaatkan dengan baik implementasi penerapan Artificial Intelligence, Big Data, Cloud Services, dan teknologi Digital.

 

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM., menyampaikan bahwa naiknya Ranking WURI Universitas Amikom Yogyakarta, merupakan prestasi yang luar biasa, Karena hanya Perguruan Tinggi berkualitas yang bisa masuk top 50 WURI Ranking. Beberapa Perguruan tinggi ternama seperti Minerva University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Arizona State University, Stanford University, dll., Rutin masuk dalam peringkat WURI.

 

“Naiknya Peringkat WURI Universitas Amikom Yogyakarta ini merupakan bentuk nyata dari upaya Amikom untuk terus memperbaiki diri, terutama dengan terus meningkatkan riset-riset yang memiliki dampak nyata terhadap masyarakat seluruh dunia”, Tambah Prof. Yanto./Fry
error: Content is protected !!