Mahasiswa Amikom Jadi Juara InaRISK Hackathon Fest (IHF) 2021

21 October 2021 | Berita Utama

Tim WIN LUCKY Universitas Amikom Yogyakarta berhasil menjadi pemenang InaRISK Hackathon Fest (IHF) 2021, untuk Kategori Digital Solution untuk Kemudahan Akses Informasi bagi Kelompok Difable dan Kelompok Rentan. Perhelatan IHF 2021 merupakan kolaborasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan United Nations Development Programme (UNDP) bekerja sama dengan Pemerintah Jepang dan U-Inspire Indonesia.

Serah terima Penghargaan InaRISK Hackathon Fest (IHF) 2021 dilangsungkan dalam Acara Puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana, yang diadakan di The Natsepa Hotel and Resort, Ambon, Maluku (20/10/2021), dan disiarkan secara daring di Youtube BNPB. Berikut adalah Siaran acara tersebut :


InaRISK sendiri merupakan sebuah sistem informasi kajian risiko bencana online berbasis GIS yang user friendly. InaRISK mulai dikembangkan pada tahun 2016 dan dapat dimanfaatkan untuk analisis perencanaan maupun identifikasi awal untuk risiko bagi masyarakat. Masyarakat bisa memanfaatkan inaRISK melalui laman https://inarisk.bnpb.go.id, dan bisa juga mengunduh InaRISK Personal pada telepon selular melalui google play store untuk android maupun app store.

Tema yang diusung di IHF 2021 adalah “Solusi Digital Bagi Penguatan dan Edukasi Pengurangan Risiko Bencana untuk Mewujudkan Ketangguhan Demi Masa Depan yang Lebih Baik”. Terdapat dua kategori dalam IHF 2021, taitu : Digital Solution Competition dan Mobile Apps Competition.

Berikut adalah para pemenang IHF 2021n Untuk Kategori Digital Solution:
• Digital Solution untuk Geotagging Search Engine Database Development: MARITIM INOVATEK (ITB)
• Digital Solution untuk Pembuatan Augmented Reality: ODADING (ITB)
• Digital Solution untuk Kemudahan Akses Informasi bagi Kelompok Difable dan Kelompok Rentan: WIN LUCKY (Universitas Amikom Yogyakarta)

Tim Win Lucky, yang menjadi pemenang kategori Digital Solution untuk Kemudahan Akses Informasi bagi Kelompok Difable dan Kelompok Rentan sendiri berasal dari Mahasiswa/i Prodi Teknik Komputer angkatan 18, yaitu: Dwiky Alfiantama, Muhammad Zaki, dan Diah Pingkan Sari.

Prodi S1 teknik komputer melalui himpunan mahasiswa teknik komputer selalu memberikan kesempatan yg sebesar-besarnya bagi mahasiswa utk ikut lomba-lomba yg berhubungan dengan teknologi dan cybersecurtiy serta Internet of thing (IoT).

Talentan untuk mendapatkan calon profesional dimulai dari bangku kuliah sehingga setelah lulus sudah siap menjadi tenaga profesional di bidangnya./Fry