Presiden Silicon Valley Innovation Center menandatangani MoU dengan Universitas Amikom Yogyakarta

31 January 2021 | Berita Utama, UMUM

Sebagai bukti komitmen Universitas Amikom Yogyakarta dalam mengembangkan inovasi-inovasi yang berkualitas dan bisa bersaing di tingkat global, Universitas Amikom Yogyakarta melakukan Kerjasama dengan Silicon Valley Innovation Center (SVIC) Pada hari ini (Senin, 21 November 2020) di Ruang Cinema Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, President Silicon Valley Innovation Center, Andrey Kunov dan Vice President of Operations and Marketing, Victoria Mensch, Hadir langsung untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara perusahaan asal Amerika Serikat ini dengan Universitas Amikom Yogyakarta.
Sejak didirikan pada tahun 2012, SVIC sudah banyak membantu startup, perusahaan tradisional, atau bahkan perusahaan besar yang tergabung dalam Fortune 500, agar bisa merevolusi bisnisnya menjadi lebih bisa memanfaatkan berbagai inovasi teknologi terbaru. Program Transformasi bisnis yang dimiliki oleh SVIC menghubungkan eksekutif perusahaan-perusahaan tersebut dengan teknologi-teknologi baru yang muncul serta mengantisipasi berbagai tren yang bisa mengganggu bisnis, dan mengubahnya menjadi peluang untuk bisa terus tumbuh.
Di sesi Masterclass Entrepreneur Technology, Andrey Kunov menyampaikan banyak hal terkait dengan entrepreneurship dan bisnis Startup di Era digital ini. Andret mengajak para generasi muda untuk memiliki pola berpikir (mindset) sebagai seorang entrepreneur dan berani melangkah untuk mewujudkannya.
“Silicon Valley menangani banyak bidang bisnis dari seluruh dunia. Anda bisa menjadi bagian dari kami dengan menciptakan bisnismu sendiri. Ketika startup binismu layak untuk dikembangkan, kami (Silicon Valley) akan mendatangimu,” terang Andrey.
Menurut Andrey, SVIC tertarik berkolaborasi dengan Universitas Amikom Yogyakarta karena memiliki sumber daya manusia yang banyak dan kreatif serta didukung ekosistem pengembangan industri kreatif yang baik.
“Kami akan bawa ekosistem Silicon Valley ke sini (Amikom), berbagi program edukasi dan menghubungkan startup Amikom dengan para investor dari Silicon Valley,” katanya.
Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM., menyampaikan bahwa kerjasama ini menerapkan prinsip  “Low Hanging Fruits“, dimana kolaborasi ini sebisa mungkin menghasilkan nilai yang tercepat, termudah dan saling menguntungkan bagi kedua instansi.  Dengan kerjasama ini, diharapkan Ekosistem Kreatif yang sudah terbangun di Amikom bisa di “Connect” kan dengan Ekosistem yang ada di Silicon valley.
Beberapa keuntungan yang didapat dari kerjasama ini diantaranya terkait dengan Kolaborasi baik secara langsung ataupun tidak langsung dengan Stanford. Mahasiswa Amikom juga bisa mengikuti program pendidikan online dari SVIC, dan mendapat kesempatan untuk bisa Internship atau bahkan bekerja di Perusahaan – Perusahaan di Silicon Valley, seperti Googe, Facebook, dll.
Dari Sisi Kerjasama Bisnis, Universitas Amikom Yogyakarta dan SVIC akan melakukan kolaborasi bisnis dengan perusahaan-perusahaan di SIlicon Valley. Selain itu  StartUp-startUp binaan Amikom Business Park juga bisa mendapatkan konsultasi bisnis, kolaborasi riset, dan juga mendapatkan peluang untuk bisa tersambung dengan para Investor di Silicon Valley.
“Kerjasama ini bisa dibilang merupakan Join Collaboration Agreement yang akan menjadi Payung bagi semua proyek yang dilakukan bersama antara Universitas Amikom Yogyakarta dan Silicon Valley Innovation Center”, Tambah Prof. Suyanto.
Dokumentasi Kegiatan bisa diakses di: 31. Silicon Valley – Google Drive
https://drive.google.com/drive/folders/1OLRgWgZ__bdUXfc3Fp0cixuIqHlMYs-J